SKRIPSI PGMI
Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Kelas 1 MI NU Takhassus Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Bernyanyi, Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Upaya guru untuk meningkatkan pemahaman belajar peserta didik merupakan sebuah langkah yang ditempuh oleh guru dalam bentuk implementasi nyata dari perencanaan-perencanaan didalam sebuah pembelajaran untuk menambahkan nilai-nilai yang dapat diterima oleh peserta didik secara baik dan menerus, kualitas pembelajaran sendiri diukur dari sejauh mana kemampuan peserta didik menangkap, mendeskripsikan serta mempraktikkan sebagai dampak dari pembelajaran yang dilakukan oleh guru, salah satu upaya yang dilakukan guru adalah penggunaan metode dimana pada penelitian kali ini metode yang peneliti bahas adalah Metode Bernyanyi, Metode bernyanyi sendiri merupakan metode yang cukup mengandalkan partisipasi pada proses pelaksanaannya, tentu hal tersebut dapat digunakan sebagai jalur guna mencapai tujuan pembelajaran yaitu siswa dapat memahami konsep pembelajaran dengan baik sebagaimana yang telah peneliti sebutkan. Penelitian ini mengkaji terkait Penggunaan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Kelas 1 MI NU Takhassus Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran matematika serta mengetahui bagaimana metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas 1 di MI NU Takhassus Karangjati Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi, Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan implementasi metode bernyanyi dalam pembelajaran matematika antara lain : pembelajaran matematika dilakukan menyesuaikan karakter peserta didik dan Pembelajaran dilakukan dengan cara yang menarik. Adapun metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan berhitung karena, Lagu-lagu matematika membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih mudah, dan meningkatkan partisipasi peserta didik.
24SK2423125.00 | SK PGMI 24.125 WIL p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain