SKRIPSI PGMI
Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Seni Tari Kuntulan Pada Siswa Kelas IV di MI Al Islamiyah 02 Dukuhwaru Kabupaten Tegal
Penerapan kurikulum merdeka dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dapat di implementasikan dengan tema kearifan lokal salah satunya melalui seni tari kuntulan. Oleh karena itu penulis tertarik mengadakan penelitian tentang Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Seni Tari Kuntulan pada siswa kelas IV di MI Al Islamiyah 02 Dukuhwaru. Berdasarkan latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : Bagaimana Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kearifan lokal seni tari kuntulan pada siswa kelas IV di MI Al Islamiyah 02 Dukuhwaru, Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kearifan lokal seni tari kuntulan pada siswa kelas IV di MI Al Islamiyah 02 Dukuhwaru. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kearifan lokal seni tari kuntulan pada siswa kelas IV di MI Al Islamiyah 02 Dukuhwaru, Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) seni tari kuntulan pada siswa kelas IV di MI Al Islamiyah 02 Dukuhwaru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian lapangan untuk menentukan dan mengumpulkan informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal Seni Tari Kuntulan Pada Siswa Kelas IV Di MI Al Islamiyah 02 Dukuhwaru. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kearifan lokal seni tari kuntulan berjalan dengan lancar. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kearifan lokal seni tari kuntulan di implementasikan melalui tiga tahapan yaitu: Perencanaan dengan isi sebagai berikut: Membentuk Tim Fasilitator Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Mengidentifikasi Tingkat Kesiapan Madrasah, Menetukan Tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Menyusun Modul Proyek dan Merancang Strategi Pelaporan Hasil Proyek. Pelaksanaan yang meliputi meliputi: Menyiapkan Siswa, Berdoa Dipimpin Oleh Perwakilan Siswa, Pemanasan, Pendinginan setelah latihan seni tari kuntulan, Penutup (do’a dan pemberian motivasi kepada para siswa). Evaluasi meliputi: evaluasi bersifat menyeluruh, evaluasi P5 fokus kepada proses dan bukan hasil akhir, tidak terdapat bentuk evaluasi yang mutlak dan seragam, menggunakan berbagai bentuk asesmen, dan melibatkan peserta didik.
24SK2423121.00 | SK PGMI 24.121 IND i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain