SKRIPSI PGMI
Eksperimentasi Metode Treasure Hunt Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan
Stigma “menyeramkan” sangat melekat kuat pada mata pelajaran matematika bagi sebagian besar siswa termasuk siswa Sekolah Dasar, hal ini menjadikan pelajaran matematika kurang diminati bagi sebagian besar siswa. Faktor penyebab kurangnya minat belajar matematika berdasarkan teori behavioristik terdiri dari dua faktor diantaranya cara penyajian materi pelajaran yang disampaikan kurang menarik dan kurangnya kreativitas dan inovasi guru dalam mengelola kelas. Oleh karena itu, sebagai seorang guru harus dapat menyesuaikan pembelajaran berdasarkan karakteristik anak dan menarik perhatian anak didiknya sehingga mereka mempunyai minat terhadap pelajaran yang diajarkan. Penelitian ini mengkaji tentang Eksperimentasi Metode Treasure Hunt dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas II di MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis bagaimana minat belajar siswa di kelas kontrol dan eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Treasure Hunt pada pembelajaran matematika kelas II MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan (2) untuk membuktikan apakah ada perbedaan minat belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan menggunakan metode pembelajaran Treasure Hunt pada pembelajaran matematika MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) , pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen berupa “Quasi Eksperiment Design” dalam bentuk penelitian posttest-only control design. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II A dan kelas II B MI Sullam Taufiq Kajen yang berjumlah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan sampling jenuh. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji independent sampel t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar kelas eksperimen dengan menggunakan metode Treasure Hunt berada pada kategori sedang atau cukup baik dengan 6 responden pada kategori rendah, 13 responden pada kategori sedang, dan 7 responden pada kategori tinggi. Hasil penelitian pada kelas kontrol juga berada pada kategori dengan dengan 3 responden pada kategori rendah, 22 responden pada kategori sedang, dan 1 responden pada kategori tinggi. Hal ini juga terlihat berdasarkan output IMB SPSS 25 Statistic diketahui t hitung sebesar 2,522 dengan jumlah responden 52 dimana df n1+n2 = 52 dan signifikansi 0,05 diperoleh t tabel 1,675. Sehingga t hitung > t tabel yaitu 2,522 > 1,675 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan antara minat belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada pembelajaran matematika kelas II MI Sullam Taufiq Kajen Pekalongan.
24SK2423119.00 | SK PGMI 24.119 VIN e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain