SKRIPSI PGMI
Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas Pada Pelajaran Matematika Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Tegal
Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Tegal, khususnya di Kelas IV, diketahui bahwa permasalahan terkait kurangnya optimalisasi keterampilan guru dalam mengelola kelas selama proses pembelajaran. Tidak hanya itu, selain pengelolaan kegiatan utama dalam membentuk lingkungan belajar dan mampu menciptakan iklim belajar yang kondusif, seorang guru harus berinovasi dalam meningkatkan keterampilan mengajarnya dalam mengelola suatu kelas agar terciptanya interaksi kegiatan belajar yang baik. Pengelolaan kelas yang efektif sangat penting untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Oleh karena itu, seorang guru perlu memiliki keterampilan dalam menciptakan kondisi belajar yang mendukung serta dalam mengatasi gangguan agar proses pembelajaran kembali lancar. Terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran Matematika di Kelas IV MIN 3 Tegal, (2) Dan apa saja kendala guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran Matematika di kelas IV MIN 3 Tegal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pelajaran Matematika di Kelas IV MIN 3 Tegal dan mengetahui berbagai kendala yang dialami guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian meliputi guru dan siswa Kelas IV di MIN 3 Tegal. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data di uji dengan teknik triangulasi dan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yaitu keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pelajaran Matematika di MIN 3 Tegal, memperlihatkan bahwa guru Kelas IV (1) Dimana guru memiliki keterampilan dalam memimpin pembuka dan penutup pembelajaran, (2) Seorang guru menunjukkan responsif terhadap siswanya, membagi perhatian, dan ketika diperlukan akan menegur jika terjadi kegaduhan, (3) Guru memberikan teguran kepada siswa yang tidak memperhatikan saat penjelasan berlangsung. Namun, guru di MIN 3 Tegal dalam membentuk kelompok belajar masih kurang tepat, (4) Kendala yang dihadapi guru saat mengelola kelas Matematika di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Tegal yaitu dari dinamika kurikulum, pergantian sistem pembelajaran Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka, ditambah beragam faktor yang berkaitan dengan siswa itu sendiri.
24SK2423123.00 | SK PGMI 24.123 MAU k | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain