SKRIPSI PGMI
Pengaruh Frekuensi Belajar Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di SDN 03 Legokgunung Kecamatan Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Berdasarkan wawancara dengan Guru kelas V, sebagian siswa belum lancar membaca dan berhitung, sehingga pada saat mengerjakan tugas ataupun ulangan ada bebarapa siswa yang mengalami kesulitan dan mendapat hasil belajar yang kurang maksimal. Namun, ada beberapa siswa yang sering belajar di rumah sehingga mendapatkan hasil belajar tinggi. Tapi sebaliknya, ada siswa yang sering belajar tapi hasil belajarnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi belajar terhadap kemampuan literasi numerasis siswa kelas V pada mata Pelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ex-post facto. Tipe studi korelasi terdiri dari dua variable yaitu frekuensi belajar (X) dan kemapuan literasi numerasi (Y). pengumpulan data menggunakan kuesioner, tes, dan dokumentasi serta analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan literasi numerasi. Dalam uji regresi linear sederhana yang telah dilakukan didapatkan koefisien regresi X sebesar 0,849 menyatakan bahwa setiap perubahan 1% nilai Tes literasi numerasi, maka nilai Frekuensi belajar bertambah sebesar 0,849. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakann bahwa terjadi hubungan positif antara frekuensi belajar dengan kemampuan literasi numerasi, semakin tinggi frekuensi belajar maka semakin meningkat kemampuan literasi numerasi. Berdasarkan analisis diperoleh besarnya nilai korelasi / hubungan (R) yaitu sebesar 0,763. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,582, yang mengandung pengertian bahwa frekuensi belajar memiliki pengaruh sebesar 58,2% terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.
24SK2423122.00 | SK PGMI 24.122 NAE p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain