SKRIPSI BPI
Pengaruh Bimbingan Tahfidz Al-Qur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah Kebagusan
Menumbuhkan kecerdasan spiritual yang tinggi bagi manusia diperlukan pendidikan yang tidak hanya bertolak ukur pada kecerdasan intelektual, melainkan pembinaan terkait kecerdasan spiritual juga perlu diupayakan sejak dini. Kecerdasan spiritual dipengaruhi oleh faktor eksternal salah satunya yaitu sekolah. SD Muhammadiyah Kebagusan melaksanakan bimbingan tahfidz Al-Quran sebagai upaya meningkatkan kecerdasan spirirtual siswa. Bimbingan tahfidz Al-Quran merupakan bagian dari bimbingan agama islam yang didalamnya terdapat kegiatan menghafal dan mengamalkan Al-Qur’an. Sebuah program dalam membentuk partisipannya agar memiliki kecerdasan spiritual yang baik sesuai dengan visi sekolahnya membentuk “Imtaq Handal Prestasi Optimal” terutama dalam bertutur kata dan berperilaku. Peneliti ingin melakukan evaluasi terhadap pengaruh program tahfidz Al-Quran di sekolah tersebut terhadap peningkatan kecerdasan spiritual siswa. Rumusan masalah dalam peneltian ini yaitu: 1) Bagaimana bimbingan tahfidz Al-Quran di SD Muhammadiyah Kebagusan? 2) Bagaimana kecerdasan spiritual siswa SD Muhammadiyah Kebagusan? 3) Bagaimana pengaruh bimbingan tahfidz Al-Quran terhadap kecerdasan spiritual siswa SD Muhammadiyah Kebagusan? Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecerdasan spiritual siswa SD Muhammadiyah Kebagusan, bimbingan tahfidz Al-Quran di SD Muhammadiyah Kebagusan, dan pengaruh bimbingan tahfidz Al-Quran terhadap kecerdasan spiritual siswa SD Muhammadiyah Kebagusan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan melalui pendekatan kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data melalui skala psikologi dan dokumentasi dengan teknik analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS versi 29. Adapun uji validitas dilakukan melalui uji validitas isi menggunakan teknik professional judgement dengan melibatkan 4 orang ahli dengan hasil instrumen penelitian telah dinyatakan valid berdasarkan perhitungan rumus aiken v. Sedangkan uji reliabilitas dilakukan melalui perhitungan SPSS. Sebelum instrumen penelitian diberikan kepada responden yang telah ditentukan sebagai sampel, instrumen terlebih dahulu di uji coba kepada 40 responden di sekolah yang berbeda. Dari hasil uji coba tersebut, skala bimbingan tahfidz Al-Quran dan kecerdasan spiritual telah dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bimbingan tahfidz Al-Quran SD Muhammadiyah Kebagusan dengan presentase 97% tinggi dan 3% kategori sedang. Kecerdasan spiritual siswa SD Muhammadiyah Kebagusan sebesar 77% tinggi dan 23% kategori sedang. Hasil penelitian menjukkan skor uji anareg sebesar 0,003 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif bimbingan tahfidz Al-Quran terhadap kecerdasan spiritual siswa yaitu sebesar 5,6%. Adapun 94,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
24SK2435091.00 | SK BPI 24.091 AIS p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain