SKRIPSI PGMI
Pengembangan Media Puzzle Qalqalah Understand (Puzzle Qu) Pada Materi Hukum Bacaan Qalqalah Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas III B MSI 14 Medono Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang fasih dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyyah terutama pada huruf-huruf qalqalah pada saat membaca surat pendek yang ada di Al-Qur’an, siswa belum bisa membedakan cara pelafalan pada huruf qalqalah dengan tepat, beberapa siswa belum bisa membedakan mana yang termasuk huruf qalqalah dengan huruf hijaiyyah yang lainnya serta penggunaan media masih bersifat monoton, guru masih berfokus pada buku paket saja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media puzzle qalqalah understand (Puzzle QU), bagaimana validitas media puzzle QU dan bagaimana respon siswa siswa terhadap media puzzle QU pada materi hukum bacaan qalqalah mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas III B MSI 14 Medono Pekalongan. Tujuannya untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berupa puzzle QU yang valid dan praktis. Produk diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa untuk belajar dimanapun dan kapanpun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Riset and Development (R&D). Adapun model pengembangan yang digunakan yaitu Borg and Gall. Subjek penelitian yang terlibat terdiri dari validator (ahli media dan ahli materi), pendidik serta peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan angket analisis kebutuhan. Sedangkan analisis data dengan validitas produk dan angket respon siswa.
24SK2423111.00 | SK PGMI 24.111 SAL p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain