SKRIPSI PGMI
Penerapan Model Teams Games Tournament Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Kelas V SD 01 Kalipancur Kabupaten Pekalongan
Pembelajaran IPA secara bermakna mampu meningkatkan sikap aktif peserta didik dalam penguasaan konsep dan mampu menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal ini guru sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran yang dilakukan. Guru harus mampu menyajikan pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara langsung, menciptakan suasana yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis serta dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Namun pada praktiknya, banyak peserta didik yang menganggap belajar adalah hal yang membosankan dan berat untuk dilakukan. Untuk mengatasi hal ini guru dapat menerapkan model pembelajaran. Model pembelajaran Teams Games Tournament merupakan salah satu contoh model pembelajaran yang tepat, dimana materi pembelajaran akan diulas secara berkali-kali namun dengan cara yang berbeda. Adapun tujuan dari penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran IPA (3) Untuk mendeskripsikan kendala dan pendukung penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mata pelajaran IPA. Jenis penelitian ini menggunakan Mixed Method atau metode penelitian kombinasi. Namun akan lenih condong kearah kualitatif, dan kuantitatif sebagai penyempurna data. Teknik pengumpulan data penelitian kualitatif menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan penelitian kuantitatif menggunakan teknik eksperimen. Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament untuk peserta didik kelas V SD Negeri 01 Kalipancur Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan untuk langkah-lanhkahnya yaitu : a) Class Presentation b) Teams c) Games d) Tournament e) Score Accumulation and Rewards f) Daily Assessment. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik mengalami peningkatan berdasarkan nilai rata-rata serta skor tiap indikator soal yang diberikan kepada peserta didik. Adapun kendala dalam penerapan Teams Games Tournament yaitu diantarannya : (1) Membutuhkan Waktu Yang Lama Dalam Proses Penerapan Langkah-Langkah Model Pembelajaran Teams Games Tournament (2) Peserta Didik Berkemampuan Akademik Lebih Mendominasi. Sedangkan untuk pendukung diantaranya : (1) Pengetahuan Peserta Didik Yang Tinggi Akan Memeningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah (2) Kerjasama Peserta Didik Yang Baik, (3) Peserta Didik Memiliki Keaktifan Mengikuti Pembelajaran Yang Baik.
24SK2423106.00 | SK PGMI 24.106 ULF p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain