SKRIPSI PGMI
Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas II Di SD Negeri 01 Jajarwayang Bojong
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah adanya siswa kelas II yang mengalami kesulitan membaca. Hal ini dapat mengakibatkan siswa yang mengalami kesulitan membaca tidak dapat menerima dan mengikuti pelajaran sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, guru harus dapat mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa di lapangan sehingga guru kelas II di SD Negeri 01 Jajarwayang harus melakukan upaya agar siswa tersebut dapat melewati hal yang dialaminya tersebut. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan masalahnya, yaitu: 1) bagaimana bentuk kesulitan membaca pada siswa kelas II di SD Negeri 01 Jajarwayang?, 2) apa saja faktor yang menyebabkan kesulitan membaca pada siswa kelas II di SD Negeri 01 Jajarwayang?, 3) bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas II di SD Negeri 01 Jajarwayang?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bentuk kesulitan membaca pada siswa, dan mesdeskripsikan faktor yang menyebabkan kesulitan membaca pada siswa, serta mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca yang dialami oleh siswa kelas II di SD Negeri 01 Jajarwayang Bojong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, bentuk kesulitan membaca pada siswa kelasa II berupa siswa yang belum dapat mengeja dengan baik, siswa yang masih ragu dalam mengucapkan kata, adanya rasa kurang percaya diri, dan masih keliru terhadap beberapa huruf. Kedua, faktor yang menyebabkan kesulitan membaca pada siswa ada 3 yaitu faktor intelektualnya, faktor lingkungannya, dan dari faktor psikologisnya. Ketiga, upaya yang guru lakukan untuk mengatasi kesulitan membaca pada siswa berupa memberikan jam tambahan baik pada saat waktu istirahat atau jam pulang sekolah, pembiasaan literasi sebelum memulai pelajaran, belajar sambil bermain, dan pemberian bimbingan pribadi.
24SK2423103.00 | SK PGMI 24.103 TIA u | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain