SKRIPSI PGMI
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Snowball Throwing Untuk Melatih Keaktifan Siswa Kelas IV Dalam Menyampaikan Pendapat Di SD Negeri 03 Muncang Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang
Guru merupakan seseorang yang berperan penting dalam pendidikan dan mengusahakan berbagai cara untuk mengatasi siswa yang kurang aktif pada proses pembelajaran. Salah satu masalah yang terjadi adalah siswa kurang aktif atau siswa takut untuk menyampaikan dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru atau temannya. Jika permasalahan dalam menyampaikan pendapat dapat teratasi dengan baik, maka siswa akan mudah dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara jelas bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing untuk melatih keaktifan siswa kelas IV dalam menyampaikan pendapat di SD Negeri 03 Muncang Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang, untuk menjelaskan kelebihan dan kelemaha penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing untuk melatih siswa kelas IV dalam menyampaikan pendapat di SD Negeri 03 Muncang Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian dalam skripsi ini berupa penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan adalah observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan metode snowball throwing untuk melatih siswa kelas IV dalam menyampaikan pendapat di SD Negeri 03 Muncang, dirasa cukup berhasil dalam melatih keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapat, sudah terdapat peningkatan dalam keaktifan siswa dalam menyampaikan pendapat. (2) Terdapat kelebihan dan kelemahan dalam metode pembelajaran snowball throwing pada saat proses pembelajaran. Kelebihan, yaitu: (1) Suasana pembelajaran menjadi menyenangkan; (2) Siswa aktif dalam pembelajaran; (3) Siswa lebih berani dalam bertanya atau menjawab; (4) Siswa menjadi aktif dalam menyampaikan pendapat; (5) Pembelajaran menjadi lebih efektif. Kelemahan, yaitu: (1) Kemampuan siswa dalam memahami materi berbeda-beda; (2) Permainan memerlukan waktu yang panjang; (3) Kelas sulit dikendalikan; (4) Kurang interaksi antar siswa
24SK2423102.00 | SK PGMI 24.102 KIN p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain