SKRIPSI PGMI
Penerapan Model PjBL Berbasis STEAM Pada Pembelajaran Tematik Dalam Mengembangkan Kompetensi 4C Siswa Kelas 5 Di SDN 02 Kebonrowopucang
Proses pembelajaran tematik sering dilakukan dengan pembelajaran yang konvensional dan berpusat pada guru, sehingga materi yang dipelajari terkesan banyak dan rumit, maka proses pembelajaran harus bermakna dan dapat mengembangkan kompetensi yang perlu dimiliki oleh siswa, yaitu kompetensi critical thinking, communication, collaboration, creativity, hal ini tidak lepas dari penggunaan model pembelajaran yang tepat, salah satunya model PjBL berbasis STEAM. Rumusan masalah pada penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana perencanaan penerapan model PjBL berbasis STEAM pada pembelajaran tematik kelas 5 SDN 02 Kebonrowopucang ?; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik dengan model PjBL berbasis STEAM dalam mengembangkan kompetensi 4C siswa kelas 5 di SDN 02 Kebonrowopucang ?; 3) Bagaimana evaluasi dalam pelaksanaan model PjBL berbasis STEAM pada pembelajaran tematik dalam mengembangkan kompetensi 4C siswa kelas 5 di SDN 02 Kebonrowopucang? Peneliti dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun sumber data primer pada penelitian ini yaitu dokumentasi dengan mencari data mengenai perencanaan pembelajaran berupa RPP, wawancara kepada kepala sekolah, guru kelas dan siswa kelas 5 SDN 02 Kebonrowopucang, sedangkan sumber data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang mendukung penelitian ini, berupa sejarah berdirinya, visi dan misi, keadaan guru dan karyawan, keadaan sarana dan prasarana, daftar hasil belajar siswa kelas 5 SDN 02 Kebonrowopucang dan referensi kepustakaan-kepustakaan yang relevan dengan penelitian ini.
24SK2423101.00 | SK PGMI 24.101 SYA p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain