SKRIPSI PGMI
Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Tokoh Dan Penokohan Cerita Fiksi Di Kelas IV MIS Manbaul Hikam Bangsri Bulakamba Brebes
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suasana belajar yang pasif pada saat pembelajaran Bahasa Indonesia, dalam mengatasi hal tersebut menggunakan pendekatan saintifik yang diterapkan pada kelas IV di MIS Manbaul Hikam Bangsri Bulakamba Brebes. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi, faktor pendukung dan penghambat diterapkannya pendekatan saintifik tersebut dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi tokoh dan penokohan cerita fiksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) untuk mengetahui implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi tokoh dan penokohan cerita fiksi di kelas IV MIS Manbaul Hikam Bangsri Bulakamba Brebes 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi tokoh dan penokohan cerita fiksi di kelas IV MIS Manbaul Hikam Bangsri Bulakamba Brebes. Jenis penelitian ini yaitu berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi tokoh dan penokohan cerita fiksi di kelas IV sudah efektif dan berjalan dengan baik. Perencanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi tokoh dan penokohan cerita fiksi di kelas IV dilakukan sendiri oleh pendidik berdasarkan RPP. Pelaksanaannya dilakukan di tahap kegiatan inti dengan melalui lima langkah pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mencoba/eksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Evaluasi dilakukan secara refleksi dan pengamatan terhadap respon peserta didik selama proses pembelajaran. Faktor pendukung implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu guru yang berkompeten, siswa yang aktif, dan sarana prasarana madrasah yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu membutuhkan waktu yang lebih lama, kurangnya keterampilan berbicara menggunakan Bahasa Indonesia, dan rendahnya minat membaca siswa.
24SK2423100.00 | SK PGMI 24.100 LIN i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain