SKRIPSI PGMI
Upaya Sekolah Dalam Melestarikan Budaya Lokal Pada Siswa Melalui Ekstrakurikuler Seni Karawitan di SDN 01 Gandarum Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi selalu disertai dengan perkembangan kebudayaan. Namun gejalanya cenderung muncul karena nilai-nilai seni budaya yang sudah mulai terabaikan. Salah satu usaha untuk menjaga kelestarian budaya adalah dengan jalan pengalihan nilai-nilai budaya dari generasi ke generasi berikutnya melalui ekstrakurikuler seni karawitan. Adapun tujuan penelitian adalah: 1) Untuk menjelaskan bagaimana upaya sekolah dalam melestarikan budaya lokal pada siswa melalui ekstrakurikuler seni karawitan di SDN 01 Gandarum Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. 2) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan ekstrakurikuler seni karawitan di SDN 01 Gandarum Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan pelatih ekstrakurikuler. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari buku dan peneliti dari peneliti sebelumnya. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya melestarikan budaya lokal yang dilakukan di SDN 01 Gandarum Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan melalui dua upaya yaitu pertama, culture knowledge pelestarian melalui pengamatan alat-alat musik tradisional seni karawitan di ruang kesenian karawitan SDN 01 Gandarum Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan dengan pengamatan dapat memberikan pengetahuan mengenai kesenian karawitan. Kedua, culture experience pelestarian melalui pelaksanaan ekstrakurikuler seni karawitan. Dalam pelaksanaan program ini terdapat beberapa tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Faktor pendukungnya yaitu adanya antusias dan semangat siswa, dukungan dari kepala sekolah, dan sarana prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ada beberapa instrumen gamelan yang kurang baik dan beberapa siswa yang tidak fokus dalam pembelajaran karawitan dan asik mengobrol dengan temanya saat kegiatan ekstrakurikuler seni karawitan berlangsung.
24SK2423099.00 | SK PGMI 24.099 ROS u | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain