SKRIPSI PIAUD
Pengenalan Huruf Hijaiyah Melalui Kegiatan Meronce Balok Hijaiyah Di TK Muslimat NU Sumurjomblangbogo Kecamatan Bojong Kabupeten Pekalongan
Pengenalan huruf hijaiyah sangat penting bagi anak dan perlu ditanamkan sejak usia dini, karena huruf hijaiyah ini sebagai tahap awal dalam membaca Al-Qur’an yaitu dengan mengenal terlebih dahulu huruf hijaiyah dengan cara bacanya yang baik dan benar. Kemampuan anak dalam mempersepsikan huruf hijaiyah masih rendah, saat pembelajaran huruf hijayah anak-anak masih kesulitan memahami, membedakan, dan mengenalinya, karena di TK Muslimat NU Sumurjomblangbogo pada saat mengenalkan huruf hijiyah melalui metode pembelajaran klasikal seperti hanya menggunakan iqra dan poster huruf hijaiyah, sehingga kurang menarik perhatian anak dalam mengenal huruf hijaiyah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana proses pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah melalui kegiatan meronce di TK Muslimat NU Sumurjomblangbogo?, 2) Bagaimana hasil pemahaman atau pengetahuan siswa terkait pengenalan huruf hijaiyah melalui kegiatan meronce di TK Muslimat NU Sumurjomblangbogo?, dan 3) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat pengenalan huruf hijaiyah melalui kegiatan meronce di Tk Muslimat NU Sumurjomblangbogo?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengidentifikasi proses pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah melalui kegiatan meronce di Tk Muslimat NU Sumurjomblangbogo, 2) Untuk mengidentifikasi hasil pemahaman atau pengetahuan siswa terkait pengenalan huruf hijaiyah melalui kegiatan meronce di TK Muslimat NU Sumurjomblangbogo, dan 3) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat pengenalan huruf hijaiyah melalui kegiatan meronce di Tk Muslimat NU Sumurjomblangbogo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deksriptif. Subjek penelitian yang digunakan yakni siswa kelas B. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi serta teknik analisis datanya adalah reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman atau pengetahuan siswa terkait pengenalan huruf hijaiyah melalui 5 indikator yakni kemampuan mengidentifikasi huruf hijaiyah, kemampuan menyebutkan nama-nama huruf hijaiyah, kemampuan melafalkan huruf hijaiyah dengan baik dan benar sesuai dengan makhrajnya, kemampuan melafalkan bunyi huruf hijaiyah secara urut dan kemampuan melafalkan bunyi huruf hijaiyah secara acak yakni anak sudah mampu dan bisa mengenal huruf hijaiyah dengan baik karena media yang digunakan dapat menarik perhatian anak seperti melalui kegiatan meronce.
24SK2424090.00 | SK PIAUD 24.090 IGA p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain