SKRIPSI PIAUD
Implementasi Metode Proyek Bagi Pengembangan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Kelas B di TK Sudirman 03 Kota Pekalongan
Anak usia dini memiliki sifat egosintris yang tinggi dan anak cenderung melakukan, melihat dari sudut pandang mereka sendiri. Penilaian, moral dan subjek- tifitas masih sangat kental menguasai emosi mereka. Sifat egosentris biasanya muncul pada kehendak anak yang mesti terwujud. Anak kadang pada saat menginginkan sesuatu maka dengan cara apapun akan dilakukannya. Agar mengurangi sifat egosentris pada anak usia dini kita sebagai pendidik harus pintar memilih metode belajar. Salah satu metode yang dapat mengembangkan kemampuan kerjasama anak usia dini yaitu melalui metode proyek. karena dapat menggerakkan peserta ddidik untuk melakukan kerjasama sepenuh hati. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode proyek bagi pengembangan kemampuan kerjasama anak usia dini kelas B di TK Sudirman 03 pekalongan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekundr. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis mengungkapkan dua temuan : 1) Implementasi Metode Proyek Bagi pengembangan Kemampuan kerjasama Anak Usia Dini Di TK Sudirma 03 Kota Pekalongan dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi.2) Implikasi metode proyek bagi pengembangan kemampuan kerjasama anak usia dini kelas B di TK Sudirman 03 Pekalongan mendapatkan hasil yang cukup baik namun ada beberapa anak yang belum menunjukkan kemampuan kerjasama.
24SK2424087.00 | SK PIAUD 24.087 ERY i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain