SKRIPSI PIAUD
Implementasi Metode Pembiasaan 3S (Senyum, Sapa, Salam) Untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat Pada Anak Usia Dini Di PAUD Umi Maryam Desa Botekan Ulujami Pemalang
Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kebiasaan yang ramah dengan menyapa, salam dan senyum yang ditanamkan pada anak usia dini sangat berpengaruh pada karakter bersahabat dalam bergaul dan berinteraksi dengan lingkunganya. Dalam hal ini metode pembiasaan sangat efektif digunakan untuk membentuk karakter bersahabat pada anak usia dini di PAUD Umi Maryam Desa Botekan Ulujami Pemalang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana karakter bersahabat pada anak usia dini di PAUD Umi Maryam Desa Botekan Ulujami Pemalang. 2) Bagaimana implementasi metode pembiasaan 3S untuk meningkatkan karakter bersahabat pada anak usia dini di PAUD Umi Maryam Desa Botekan. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat metode pembiasaan 3S untuk meningkatkan karakter bersahabat pada anak usia dini di PAUD Umi Maryam Desa Botekan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian adalah penelitian lapangan (Field Research), peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang utama yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Kemudian data dianalisis melalui tiga analisis alur yang terjadi secara bersamaan yaitu teknik reduksi data, display atau penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu : 1) Karakter bersahabat anak usia dini di PAUD Umi Maryam Desa Botekan Ulujami Pemalang cukup baik tetapi masih ada sebagian anak dengan usia rendah yang belum maksimal perkembangan karakter bersahabatnya. 2) Implementasi Metode Pembiasaan 3S(senyum, sapa, salam) Untuk Meningkatkan Karakter Bersahabat Pada Anak Usia Dini dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berjalan dengan efektif dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan guru, 3) Faktor pendukung dalam pembentukan karakter bersahabat di PAUD Umi Maryam yaitu pertama, faktor kematangan dan adanya kerjasama yang baik antara orangtua dan guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya stimulus yang diberikan guru, anak yang tidak disiplin dan dampak negatif dari perkembangan teknologi.
24SK2424078.00 | SK PIAUD 24.078 TAF i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain