SKRIPSI PBA
Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Gondang Wonopringgo
Penelitian ini dilatar belakangi oleh, proses pembelajaran bahasa Arab di sekolah yang menekankan pada elemen pembelajaran Mahārah Qirā’ah dan Mahārah Kitābah. Namun, kelbanyakan siswa mengalami banyak kesalahan ketika menulis teks Arab, meskipun mereka sudah bisa membacanya, terutama pada siswa kelas X. Pada penerapan kurikulum Merdeka belajar, sekolah mengadakan workshop, serta mendatangkan narasumber dari balai besar Yogyakarta yang bertujuan agar pembelajaran bahasa Arab menggunakan kurikulum Merdeka belajar ini, dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka peneliti akan memaparkan beberapa rumusan masalah, yaitu: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum Merdeka belajar di SMK Gondang Wonopringgo?; 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan kurikulum Merdeka belajar di SMK Gondang Wonopringgo?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran bahasa Arab berbasis kurikulum Merdeka belajar di SMK Gondang Wonopringgo. 2) mengetahui kelebihan dan kekurangan kurikulum Merdeka belajar di SMK Gondang Wonopringgo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Gondang Wonopringgo sudah berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan dari Menteri Pendidikan. Penerapan pembelajaran bahasa Arab di SMK Gondang Wonopringgo ini sangat penting untuk melatih siswa membaca, dan menulis mufrodat. Adapun tujuan pembelajaran bahasa Arab adalah siswa mampu membaca dan menulis bahasa Arab dengan benar sesuai kaidah kebahasaan. Kelebihan dari Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di SMK Gondang Wonopringgo adalah model pembelajarannya disesuaikan dengan kebutuhan siswa, dan meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Sedangkan kekurangannya memerlukan peran aktif guru dalam mengembangkan pembelajaran, dan memerlukan waktu dan sumber daya yang cukup besar.
24SK2422024.00 | SK PBA 24.024 NAE i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain