SKRIPSI PBA
Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Game Edukasi Wordwall Kelas Viii Di Mts Asy Syafi’iyah Pecangakan Comal
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan mengenai evaluasi pembelajaran bahasa Arab di MTs Asy Syafi’iyah yang masih menggunakan metode konvensional yaitu berbentuk tes tertulis dengan media kertas. Kendala evaluasi pembelajaran menggunakan media kertas adalah bentuk soal yang monoton sehingga mudah membuat peserta didik bosan dan jenuh sehingga mengurangi minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab. Selain itu dalam penilaian yang masih manual oleh guru rentan sekali terjadi kekeliruan pada saat pengoreksian. Sehingga perlu adanya terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi untuk evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti terdorong untuk melakukan penelitian dengan mengembangkan suatu media evaluasi pembelajaran bahasa Arab melalui pemanfaatan teknologi untuk membantu kelancaran dalam pembelajaran serta memberikan peserta didik dengan suasana baru yang harapannya bisa menjadikan peserta didik lebih bersemangat ketika mengikuti kegiatan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media evaluasi pembelajaran Bahasa Arab melalui game edukasi Wordwall, serta bagaimana kelayakan media evaluasi pembelajaran Bahasa Arab melalui game edukasi Wordwall dari penilaian validator ahli dan respon peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media evaluasi pembelajaran Bahasa Arab melalui game edukasi Wordwall serta untuk mengetahui hasil uji kelayakan media evaluasi pembelajaran Bahasa Arab melalui game edukasi Wordwall dari penilaian validator ahli dan peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis (Analyze), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Pada tahap pengembangan produk, langkah pertama yang dilakukan peneliti adalah menganalisis masalah dan kebutuhan, kemudian peneliti mendesain produk dengan menggunakan aplikasi Wordwall. Kemudian uji validitas oleh ahli media dan ahli materi, setelah mendapatkan saran dan masukan dari para ahli, peneliti merevisi produk sesuai saran validator. Tahap terakhir adalah peneliti melakukan uji coba produk dan mengevaluasinya. Berdasarkan dari data hasil penelitian pengembangan media evaluasi pembelajaran Bahasa Arab melalui game edukasi Wordwall kelas VIII di MTs Asy Syafi’iyah, dapat disimpulkan bahwa: penilaian dari validasi ahli media mendapatkan persentase 92% dengan kategori sangat layak. Pada validasi ahli materi, pengembangan media evaluasi mendapatkan persentase sebesar 82% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya penilaian dari respon peserta didik mendapatkan persentase sebesar 88% dengan kategori sangat layak. Sehingga jika dilihat dari hasil uji validator para ahli dan peserta didik secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media evaluasi pembelajaran Bahasa Arab melalui game edukasi Wordwall layak untuk digunakan.
24SK2422023.00 | SK PBA 24.023 NAI p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain