SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Imla’ dalam Pembelajaran Maharah Kitabah di kelas VII MTs Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam pembelajaran mahabah, yang mana siswa dapat lancar dalam menghafal dan mengucapkan kosa kata atau kalimat Bahasa Arab, akan tetapi mereka masih merasakan kesusahan dalam penulisannya. Hal ini disebabkan oleh perbedaan latar belakang siswa. Sebagian bersal dari sekolah dasar (SD) yang belum pernah mengenal dan mempelajari Bahasa Arab. Disamping itu, yang berasal dari Madrasa Ibtidaiyah (MI) tidak semua mampu menuliskan kalimat bahasa Arab secara benar. Metode imla>’ merupakan bagian dari maha>rah kita>bah, yaitu salah satu metode yang dilakukan dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Pekalongan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah 1) Bagaimana Implementasi Metode Imla>‘ dalam Pembelajaran Maha>rah Kita>bah di Kelas VII MTs Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Pekalongan? 2) Apa saja Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Pembelajaran Maha>rah Kita>bah di Kelas VII MTs Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Pekalongan? Adapu tujuan penelitian ini diantaranya: 1) Mengetahui Bagaimana Implementasi Metode Imla>‘ dalam Pembelajaran Maha>rah Kita>bah di Kelas VII MTs Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Pekalongan 2) Mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat dalam Penerapan Metode Imla>’ dalam Pembelajaran Mahārah Kita>bah di Kelas VII MTs Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data peneliti ini yaitu dari guru dan siswa kelas VII di MTs Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Pekalongan. Adapun instrument penelitian yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu setelah data terkumpul diolah, dianalisis kemudian disimpulkan dalam bentuk uraian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa imlpementasi metode imla’ dalam pembelajaran maharah kitabah di MTs Al Utsmani Winong Gejlig Kajen Pekalongan ini sudah baik, hal ini terbukti dengan adanya respon baik dari siswa ketika materi imla’ disampaikan dan juga hasil evaluasi juga terlihat baik, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-ratanya yang cukup memuaskan.
24SK2422019.00 | SK PBA 24.019 AZK i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain