SKRIPSI PBA
Korelasi Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas V Di MIS Curug, Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan seperti pada proses pembelajaran masih ada pendidik yang hanya menggunakan model konvensional dan menggunakan metode ceramah saja sehingga peserta didik merasa tidak tertarik dan pasif dalam belajar bahasa Arab. Selain itu, hasil belajar bahasa Arab peserta didik kelas V di MIS Curug juga masih tergolong rendah dikarenakan kurangnya minat, ketertarikan, dan keaktifan dalam belajar bahasa Arab yang kurang.
Oleh karena itu, peneliti memilih untuk meneliti tentang Korelasi Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta didik Kelas V di MIS Curug, Kabupaten Pekalongan. Rumusan Masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana modelmpembelajaranlkooperatiflThink PairkShare dalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas V di MIS Curug Kabupaten Pekalongan. 2) Bagaimana hasil belajar peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif Think PairjSharehdalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas V di MIS Curug Kabupaten Pekalongan. 3) Bagaimana korelasi model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasiljjbelajar peserta didik bahasa Arab kelas V di MIS Curug Kabupaten Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dalam pembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas V di MIS Curug Kabupaten Pekalongan. 2) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dalamppembelajaran bahasa Arab peserta didik kelas V di MIS Curug Kabupaten Pekalongan. 3) Untuk mengetahui korelasi kooperatif Think pPairpShare terhadap hasilpbelajar bahasa Arab peserta didikkkelas V di MIS Curug Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian adalah, kuesioner (angket), tes, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment.
Hasil dari angket model pembelajaran think pair share peserta didik kelas V di MIS Curug diperoleh dalam kategori sangat tinggi yaitu 19 responden persentasenya 44%. Hasil belajar bahasa Arab maharah qira’ah peserta didik kelas V di MIS Curug dalam kategori baik, hal ini dibuktikan sebanyak 53% peserta didik memiliki kriteria baik. Model pembelajaran think pair share memiliki korelasi terhadap hasil belajar dalam pembelajaran bahasa Arab yakni dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,035 yang artinya kurang dari 0,05.
24SK2422013.00 | SK PBA 24.013 MEL k | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain