SKRIPSI PBA
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint 365 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X MAN 1 Kota Pekalongan
Berdasarkan pengamatan peneliti, media pembelajaran bahasa Arab pada kelas X di MAN 1 Kota Pekalongan masih memanfaatkan media pembelajaran yang bersifat konvensional, yang mana penjelasan materi hanya berpusat pada guru. Akibatnya praktik mengajar kurang optimal karena membuat siswa pasif dan motivasi belajar siswa menurun. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan sebuah media interaktif yang menarik dan efektif agar dapat melibatkan respon aktif siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Media yang akan dikembangkan berupa media pembelajaran interaktif PowerPoint 365. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran interaktif PowerPoint 365 dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X MAN 1 Kota Pekalongan, (2) Mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif PowerPoint 365 dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X MAN 1 Kota Pekalongan dengan menganalisis dari hasil kuisioner siswa terhadap penggunaan media dan dari hasil nilai Post-test siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menerapkan model pengembangan Borg and Gall, yang mana memiliki 10 tahapan yang telah dirinci oleh peneliti menjadi 6 tahapan karena adanya keterbatasan biaya dan waktu penelitian. Enam tahapan tersebut meliputi penelitian dan pengumpulan data, pengembangan draft produk, uji validasi oleh ahli materi dan ahli media, revisi produk, uji coba lapangan, dan analisis data. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: observasi, wawancara, angket, Pre-test dan Post-test, dan dokumentasi. Media pembelajaran interaktif PowerPoint 365 memenuhi kriteria yang sangat baik dan layak setelah melalui validasi ahli. Skor validasi ahli materi mendapatkan skor akhir 45 dengan persentase 93,7% dan ahli media mendapatkan skor akhir 54 dengan persentase 79,4%. Kemudian perhitungan hasil analisis kuisioner siswa terhadap penggunaan media dengan hasil Post-test siswa menggunakan uji Paired Sampel T-Test diperoleh niai Sig. (2-tailed) adalah 0.002 < 0.05 (signifikan). Dengan kata lain, hasil kuisioner siswa berpengaruh terhadap hasil nilai Post-test siswa. Dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif PowerPoint 365 dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab kelas X MAN 1 Kota Pekalongan.
24SK2422012.00 | SK PBA 24.012 AMA p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain