SKRIPSI PBA
Penerapan Metode Drill Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Warungasem Batang
Penelitian ini dilatar belakangi oleh problematika yang dihadapi oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Arab, salah satu problem yang dihadapi yaitu minimnya penguasaan kosakata yang diingat, hal tersebut karena dari latar belakang pendidikan siswa sebelumnya, maka dari itu seorang guru harus bisa lebih selektif dalam memilih metode pembelajaran dengan tepat agar siswa mudah dalam menerima materi yang di sampaikan. Metode pembelajaran kosakata yang dipakai oleh MTs Wahid Hasyim yaitu dengan menggunakan metode drill. MTs Wahid Hasyim Warungasem merupakan sekolah yang sudah lama menerapkan metode tersebut, metode yang digunakan yaitu dengan mengulang-ulang kata atau latihan yang dilakukan secara berulang agar siswa mampu mengingat apa yang telah dipelajari. Permasalah yang dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode drill serta apa saja kelebihan dan kekurangan dalam penerapan metode drill pada pembelajaran kosakata bahasa Arab di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Tujuan yang ingin dicapai yaitu untuk mengetahui deskrpsi dan keberhasilan dari pembelajaran menggunakan metode drill serta apa saja kelebihan menggunakan metode tersebut dan juga apa saja kekurangan yang ada pada pembelajaran kosakata menggunakan metode driil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil tempat di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan menggunakan data model Miles dan Humbermar meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kosakata di MTs Wahid Hasyim Warungasem Batang adalah menggunakan metode drill dengan latihan mengulang-ulang kosakata agar mudah untuk diingat. Kelebihan dari penerapan metode drill diantaranya adalah: siswa tidak jenuh dalam menerima pelajaran karena guru bahasa Arab di MTs Wahid Hasyim selalu memberikan selingan bergantian dalam membaca kosakata, tidak hanya guru saja yang memimpin membaca kosakata, dan juga siswa sangat terbantu dalam menghafalkan kosakata dengan menggunakan metode tersebut. Sedangkan kekurangan dari penerapan metode drill diantaranya adalah: keadaan dikelas begitu semangat akan tetapi ada siswa yang hanya mengkumat-kamitkan bibir saja, dan juga ada yang masih kesusahan membaca jika ada kosakata yang terlalu panjang.
24SK2422011.00 | SK PBA 24.011 AID p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain