SKRIPSI PAI
TIDAK TERSAJI: Strategi Guru Dalam Menanamkan Kebiasaan Shalat Berjamaah Di SDIT Bahrul Ulum Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Pengajar merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Itulah sebabnya setelah adanya inovasi pendidikan, khususnya dalam kurikulum dan peningkatan sumber daya manusia yang dihasilkan dari upaya pendidikan selalu bermuara pada faktor guru. Hal ini menunjukkan betapa eksisnya peran guru dalam pendidikan. Begitu pula dengan tugas guru, guru memiliki banyak tugas, baik yang terikat oleh dinas maupun di luar dan di dalam bentuk pengabdian.
Dalam penelitian ini penulis mengajukan dua rumusan masalah, antara lain: a) Bagaimana pelaksanaan shalat berjamaah di SDIT Kedungwuni kabupaten Pekalongan? b) Bagaimana strategi guru dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah di SDIT Kedungwuni kabupaten Pekalongan?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan kualitatif karena mendeskripsikan kondisi sesuai dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu sumber data primer dan data sekunder. Adapun metode pengumpulan data yan digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil analisis dari penelitian yaitu bahwa pelaksanaan shalat berjamaah di SDIT Bahrul Ulum dilaksanakan dengan baik dan benar, di antaranya shalat dhuha dan shalat dhuhur. Strategi guru dalam menanamkan kebiasaan shalat berjamaah sangat efektif. Hal ini dibuktikan dengan adanya metode, media, pendekatan. Metode yang digunakan adalah metode pembiasaan, metode keteladanan, metode ceramah, metode kisah, metode drill/latihan. Media yang digunakan adalah komputer/ laptop, gambar, Monitoe Liquid Crystal Display (LCD). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan individual, pendekatan kelompok, pendekatan edukatif, pendekatan agama.
10SK101621.00 | SK PAI13.1016 PAP s C.0 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain