SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Penggunaan Constructivist Teaching Sequence (CTS) dalam Meningkatkan Kemampuan Representasi Visual Bilangan Bulat pada Siswa SMP Muhammadiyah 2 Comal
Constructivist Teaching Sequence (CTS) merupakan suatu cara yang sangat bermanfaat dalam mengenali proses pembentukan konsep pada siswa, yang bertujuan untuk membentuk pemahaman konsep fisik atau mengembangkan minat dan perilaku siswa dengan lebih mengutamakan pada perilaku siswa untuk berperan aktif. SMP Muhammadiyah 2 Comal dalam pembelajaran guru cenderung bersifat verbal, yang menyebabkan kurangnya partisipasi siswa dalam kelas. Dari alasan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Penggunaan CTS untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Visual Bilangan Bulat pada Siswa SMP Muhammadiyah 2 Comal. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas penggunaan model pembelajaran Constructivist Teaching Sequence (CTS) dalam meningkatkan kemampuan representasi visual bilangan bulat siswa SMP Muhammadiyah 2 Comal?. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk menguji bagaimana efektivitas penggunaan model pembelajaran Constructivist Teaching Sequence (CTS) dalam meningkatkan kemampuan representasi visual bilangan bulat pada siswa SMP Muhammadiyah 2 Comal. Penelitian yang dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Comal menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperimental menggunakan one group pretest-posttest dengan teknik random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 53 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan representasi visual bilangan bulat dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan: kemampuan representasi visual bilangan bulat siswa kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 50,13 sedangkan kemampuan representasi visual bilangan bulat siswa kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata posttest sebesar 78,03. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan independent samples t-test menyatakan bahwa, pada taraf signifikan 5% yaitu tt 5% = 2,007 diketahui bahwa t0 = 18,80 lebih besar dari pada tt (18,80 > 2,007). Maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Rata-rata skor N-Gain kelas eksperimen adalah 56,2483 atau 56,25% termasuk kategori cukup efektif. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa, penggunaan Constructivist Teaching Sequence (CTS) cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi visual bilangan bulat siswa.
24SK2426059.00 | SK TM 24.059 RIZ e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain