SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Computational Thinking (CT) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP Negeri 1 Tirto
Literasi numerasi merupakan salah satu kemampuan yang penting bagi siswa karena literasi numerasi adalah kemampuan menggunakan berbagai macam simbol dan angka matematika untuk menyelesaikan permasalahan sehari hari. Meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa dapat dimulai dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Computational Thinking (CT) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Model pembelajaran tersebut merupakan model pembelajaran yang memadukan konsep pembelajaran kontekstual dan pemikiran komputasional sehingga siswa akan terbiasa mengaitkan setiap materi matematika dengan kehidupan nyata siswa dan dapat membantu mereka memahami masalah yang kompleks. Berdasarkan uraian di atas, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Computational Thinking (CT) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dan apakah model tersebut efektif terhadap kemampuan literasi numerasi siswa SMP Negeri 1 Tirto. Kegunaan dari penelitian ini diharapkan mampu menambah wawasan mengenai model pembelajaran CTL berbasis CT berbantuan LKPD, menambah kepustakaan fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan, serta utamanya untuk memberikan data yang dapat dijadikan masukan bagi SMP Negeri 1 Tirto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk jenis penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun sampel pada penelitian ini berjumlah 62 siswa yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan model CTL berbasis CT berbantuan LKPD dan kelas kontrol yang tidak diberi model tersebut. Teknik pengumpulan data berupa tes dan data penelitian tersebut dianalisis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini pada uji independent sample t-test didapat nilai signifikansi (2-tailed) 0,000< 0.05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Pada posttest kelas eksperimen memiliki nilai minimum 40, nilai maksimum 100, dan nilai rata-rata 74,87. Sedangkan pada posttest kelas kontrol memiliki nilai minimum 20, nilai maksimum 90, dan nilai rata-rata 62,90. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis Computational Thinking (CT) berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) efektif terhadap kemampuan literasi numerasi siswa.
24SK2426058.00 | SK TM 24.058 RO'I e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain