SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Dan Kerjasama Siswa Kelas VII Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs YMI Wonopringgo
Group Investigation merupakan metode pembelajaran kelompok yang berbasis penemuan (Inquiry). Dalam penelitian ini masalah yang dihadapi siswa adalah hasil belajar siswa yang masih sangat rendah dan kurangnya kerjasama antar siswa. Dimana hasil belajar siswa dalam ulangan harian masih di bawah nilai rata-rata. Untuk memecahkan permasalahan agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kerjasama siswa adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif yang dapat melibatkan peran aktif dari siswa. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang diterapkan adalah tipe Group Investigation. Rumusan masalah penelitian ini: 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di MTs YMI Wonopringgo? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Group investigation terhadap hasil belajar dan kerjasama siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika di MTs YMI Wonopringgo? Dengan tujuan penelitian untuk (1) Mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di MTs YMI Wonopringgo. (2) Mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe Group investigation terhadap hasil belajar dan kerjasama siswa kelas VII dalam pembelajaran matematika di MTs YMI Wonopringgo. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs YMI Wonopringgo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode eksperimen menggunakan quasieksperimen design dengan pola two group pretest-posttest design, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil akhir penelitian ini berarti bahwa 1) Rata-rata hasil belajar Prestest matematika sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation yaitu 44,53 dan skor rata-rata setelah menerapkan model pembelajran tes akhir (Posttest) yaitu sebesar 71,3 maka hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 26,8. 2) berdasakan hasil uji MANOVA (Multivariate Tes) nilai signifikan yang didapat sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar dan kerjasama siswa kelas VII MTs YMI Wonopringgo.
24SK2426056.00 | SK TM 24.056 SIT p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain