SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing Menggunakan Media Gubahan Lagu Pada Materi Relasi dan Fungsi di kelas VIII MTs Negeri 1 Pemalang.
Matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang tidak disukai peserta didik karena berbagai alasan. Beberapa diantaranya adalah metode pembelajaran yang membosankan serta tidak digunakannya media yang inovatif dalam proses pembelajarannya. Hal ini menyebabkan hasil belajar peserta didik di kelas VIII MTs Negeri 1 Pemalang tidak maksimal salah satunya pada materi relasi dan fungsi. Model pembelajaran Inquiry Learning merupakan salah satu solusi pilihan model pembelajaran yang dapat dipadukan dengan gubahan lagu agar pembelajaran terasa lebih menyenangkan. Pada penelitian ini akan dibuktikan keefektifan model pembelajaran Inquiry Learning menggunakan media gubahan lagu pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII MTs Negeri 1 Pemalang. Penelitian dilakukan untuk mengetahui keefektivan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media gubahan lagu pada materi relasi dan fungsi efektif digunakan di kelas VIII MTs Negeri 1 Pemalang. Penelitian ini diharapkan mampu memberi motivasi bagi guru, siswa dan sekolah bahwa terdapat model pembelajaran yang bisa dipadukan dengan gubahan lagu sehingga menciptakan metode pembelajaran yang inofatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimen Design dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dimana teknik analisis data yang digunakan berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 1 Pemalang. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Pemalang dan sampel penelitian adalah kelas VIII.4 dan VIII.9 yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Hasil Penelitian menyatakan bahwa model pembelajaran inkuiri learning menggunakan media gubahan lagu efektif digunakan pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII MTs Negeri 1 Pemalang. Dibuktikan dengan pengujian hipotesis dimana hasil post test kelas eksperimen mengalami kenaikan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pembelajaran menggunakan media gubahan lagu juga dapat membuat suasana belajar menjadi menyenangkan.
24SK2426048.00 | SK TM 24.048 REG e | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain