TESIS EKOS
Pengaruh Islamic Branding dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Anggota Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada KSPPS BMT Nurussa'adah di Tirto Pekalongan
Sebuah perusahaan harus bersikap reaktif agar dapat menyesuaikan dan bertahan. Perusahaan yang dapat bersikap reaktif akan melndapat lelbih banyak peluang mendapatkan kepercayaan berupa rasa loyal konsumen/pelanggan. Pelanggan yang telah merasa loyal dengan suatu perusahan memiliki kecenderungan berulang kali mellakukan pembelian produk atau jasa terbaru yang ditawarkan perusahaan terselbut demi memuaskan keinginan pribadi. Dengan adanya kepuasan maka akan tercipta rasa loyal dengan adanya rasa puas maka sebuah merek akan dikenal dan kualitas layanan yang diberikan akan baik. Akan tetapi di KSPPS BMT Nurussa’adah telah menemukan adanya anggota yang mengatakan bahwa menabung atau transaksi karean dekat dekat rumah, hal ini yang menjadikan peneliti ingin meneliti lebih dalam apakah anggota merasa puas, apakah merek yang dipakai itu memang disukai dan apakah kualitas layanannya yang baik, dengan ini peneliti ingin meneliti lebih lanjut. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah Apakah Islamic Branding berpengaruh terhadap loyalitas Anggota Pada KSPPS BMT Nurussa’adah di Tirto Pekalongan ? Apakah Kualitas layanan berpengaruh terhadap loyalitas Anggota Pada KSPPS BMT Nurussa’adah di Tirto Pekalongan ? Apakah Islamic Branding berpengaruh terhadap Kepuasan Pada KSPPS BMT Nurussa’adah di Tirto Pekalongan ? Apakah Kualitas layanan berpengaruh terhadap Kepuasan Pada KSPPS BMT Nurussa’adah di Tirto Pekalongan ? Apakah Kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas Anggota Pada KSPPS BMT Nurussa’adah di Tirto Pekalongan ? Apakah Islamic Branding berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota melalui Kepuasan Pada KSPPS BMT Nurussa’adah di Tirto Pekalongan ? Apakah Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota melalui Kepuasan Pada KSPPS BMT Nurussa’adah di Tirto Pekalongan ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Islamic branding dan kualitas layanan terhadap loyalitas anggota dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada KSPPS BMT Nurussa’adah di Tirto Pekalongan dengan populasi penelitian adalah anggota KSPPS BMT Nurussa’adah di Tirto Pekalongan. Dari populasi tersebut, diambil sampel sebanyak 100 anggota. Kegunaan penelitian ini adalah memberi masukan bagi KSPPS BMT Nurussa’adah dalam meningkatkan kualitas layanan agar bisa dikenal merek dan rasa loyal anggota akan terlahir. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode statistik deskriptif. Pengumpulan data melalui : wawancara dan kuesioner. Analisis datanya statistik deskriptif dengan menggunakan analisis jalur ( path analysis ).Data penelitian dijaring melalui instrument penelitian berupa kuesioner dengan skala likert, kemudian diolah dan dianalisis dengan teknik analisis jalur. Penelitian ini menghasilkan temuan (1) Islamic branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota, (2) kualitas layanan berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap loyalitas anggota (3) Islamic branding berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, (4) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, (5) kepuasan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap loyalitas anggota, (6) Islamic branding berpengaruh positif terhadap loyalitas anggota melalui kepuasan, (7) kualitas layanan berpengaruh positif terhadap loyalitas anggota melalui kepuasan. Faktor pendukung : adanya variabel intervening kepuasan menjadikan temuan baru bahwa loyalitas anggota tidak hanya Islamic Branding dan kualitas layanan saja. Peneliti berkontribusi bahwa adanya variabel intervening kepuasan maka terciptanya sebuah loyalitas anggota
24TS2454006.00 | TS P.EKOS 24.006 JUM p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain