TESIS PAI
Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemandirian Belajar Mata Pelajaran Al Qur'an Hadis Siswa Kelas V MIS Manba'ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan
Penting untuk memahami hubungan antara efikasi diri, motivasi berprestasi, dan kemandirian belajar karena studi Al-Qur'an dan Hadis menuntut tingkat dorongan yang tinggi, ketekunan, dan pemahaman yang mendalam. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk menguji pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan; (2) Untuk menguji pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan; (3) Untuk menguji pengaruh yang signifikan efikasi diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dan simpulan dalam penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji T dengan hasil nilai tingkat Sig 0.043 ≤ 0.05 dan nilai t hitung = 2.095 ≥ t table = 2.028 maka dikatakan efikasi diri memiliki pengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan berdasarkan uji T dengan hasil nilai tingkat Sig 0.000 ≤ 0.05 dan nilai t hitung = 5.533 ≥ t table = 2.028 maka dikatakan motivasi berprestasi memiliki pengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan efikasi diri dan motivasi berprestasi secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa kelas V MIS Manba’ul Huda Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil Anova pada SPSS dengan nilai tingkat Sig 0.000 ≤ 0.05 dan nilai f hitung = 29.121 ≥ f table = 3.260 maka dikatakan efikasi diri dan motivasi berprestasi memiliki pengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kemandirian belajar. Berdasarkan nilai table summary bahwa nilai R = 0.786 dan nilai koefisien determinasi RSquare = 0.597 yang menunjukkan bahwa pengaruh yang disumbangkan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 59,7%. Diharapkan penelitian ini dapat digunakan oleh guru, madrasah dan orang tua sebagai acuan dalam meningkatkan efikasi diri, motivasi berprestasi, dan kemandirian belajar siswa.
24TS2452036.00 | TS P.PAI 24.036 NUR p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain