TESIS PGMI
Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MIS Kertijayan Pekalongan
Kurangnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran matematika, khususnya materi bangun ruang, seringkali menjadi masalah yang signifikan. Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap hal ini adalah kurangnya inovasi dalam media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran. Namun, penggunaan media pembelajaran Augmented Reality (AR) dapat menjadi solusi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Integrasi AR dalam media pembelajaran tidak hanya memberikan pengalaman yang lebih interaktif dan realistis, tetapi juga menjadi alternatif yang menarik untuk meningkatkan pembelajaran dalam materi bangun ruang. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:1) Mengapa perlu dikembangkan media pembelajaran bangun ruang berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MIS Kertijayan Pekalongan?, 2) Bagaimana pengembangan media pembelajaran bangun ruang berbasis Augmented Reality di MIS Kertijayan Pekalongan?, 3) Apakah kepraktisan media pembelajaran bangun ruang berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di MIS Kertijayan Pekalongan?, dan 4) Bagaimana efektivitas media pembelajaran bangun ruang berbasis Augmented Reality yang dihasilkan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MIS Kertijayan Pekalongan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan, mengembangkan, menguji kepraktisan, dan menguji efektivitas media pembelajaran tersebut. Manfaat dari penelitian ini meliputi kontribusi signifikan dalam bidang pendidikan, meningkatkan prestasi belajar siswa, dan memberikan acuan bagi penelitian selanjutnya dalam pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kebutuhan, penerapan model pengembangan produk Borg dan Gall, uji praktikalitas, dan uji efektivitas produk. Hasil daripenelitian ini yaitu: 1) Pengembangan media pembelajaran ini mendapat dukungan guru dan merespons keinginan siswa untuk meningkatkan pembelajaran bangun ruang, 2) Media pembelajaran ini telah memenuhi standar kualitas, hal ini dibuktikan dari penilaian positif oleh ahli media 86,36%, ahli bahasa dan ahli materi 90,63%, serta respon guru 81,25% dan siswa 90%, 3) Media pembelajaran ini sangat praktis dengan presentase 94,17%, dan 4) Media pembelajaran ini efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, Hal ini dibuktikan dari hasil peningkatan yang signifikan dari pretest (52.33) ke posttest (81.67) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p< 0,05), sehingga H1 diterima dan H0 ditolak.
24TS2453015.00 | TS P.PGMI 24.015 ROM p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain