TESIS PGMI
Implementasi Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Jenggot 01 Kecamatan Pekalongan Selatan Kota Pekalongan
Pendidikan di Indonesia diharapkan memiliki arah dan tujuan yang jelas. pengembangan dan perubahan kurikulum harus selalu disesuaikan dengan perkembangan yang ada. Pada hakikatnya setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda dan menghendaki gaya pembelajaran yang berbeda. Merdeka Belajar merupakan tawaran dalam merekonstruksi sistem pendidikan dalam rangka menyongsong perubahan dan kemajuan bangsa yang dapat menyesuaikan dengan perubahan zaman.
Rumusan permasalahan penelitian ini adalah: Bagaimana strategi perencanaan merdeka belajar di MIS Jenggot 01? Bagaimana pelaksanaan merdeka belajar di MIS Jenggot 01? Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan merdeka belajar di MIS Jenggot 01? Tujuan penelitian adalah : Pertama untuk mengkaji perencanaan merdeka belajar MIS Jenggot 01. Kedua mengeksplorasi pelaksanaan merdeka belajar MIS Jenggot 01. Ketiga mengkaji faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan merdeka belajar MIS Jenggot 01. Kegunaan penelitian ini adalah: Memberikan masukan bagi warga sekolah dalam peningkatan profesionalisme khususnya dalam komunikasi pembelajaran, Menjadi referensi dalam penelitian sejenis dan perumusan kebijakan oleh pihak - pihak yang memiliki kepentingan dengan pendidikan sekolah.
Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, verifikasi data, dan simpulan data. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini menghasilkan temuan (1) perencanaan dalam implementasi merdeka belajar di MIS Jenggot 01 antara lain, : a) strategi perencanaan merdeka belajar, yaitu: komunikasi dengan pengawas, berdiskusi dengan guru, menyiapkan Kurikulum Operasional Madrasah, sosialisasi kepada guru dan walimurid, pelatihan guru, b). langkah-langkah perencanaan yaitu: guru menyiapkan administrasi pembelajaran, melakukan asesmen diagnostik, dan membuat modul ajar, (2) Pelaksanaan merdeka belajar dalam pembelajaran siswa di MIS Jenggot 01 antara lain, : a) guru menyiapkan administrasi pembelajaran, b) guru melaksanakan pembelajaran bermakna, c) guru melakukan asesmen, d) adanya supervise kepala madrasah, (3) Faktor pendukung dan penghambat implementasi merdeka belajar di MIS Jenggot 01, faktor pendukung antara lain: 1) guru antusias dalam melaksanakan merdeka belajar, 2) guru semangat dalam melaksanakan merdeka belajar, 3) adanya kerjasama antar guru, 4) tanggung jawab guru terhadap tugasnya, 5) adanya sosialisasi dan pelatihan, 6) dukungan dari stakeholder madrasah, sedangkan faktor penghambat antara lain: 1) masih minim pemahaman guru tentang kurikulum merdeka belajar, 2) fasilitas madrasah yang belum sepenuhnya ada, 3) kurangnya perhatian anak dari orang tua, 4) pendanaan yang terus menerus.
24TS2453013.00 | TS P.PGMI 24.013 KHA i | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain