SKRIPSI PBS
Pengaruh Masalah Etika, Ketidaknyamanan Pelanggan, dan Kegagalan Layanan Inti Terhadap Perpindahan Pelanggan Bank Konvensional ke Bank Syariah Dengan Kebutuhan Mencari Variasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Pengusaha di Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan)
Perpindahan pelanggan merupakan perilaku pelanggan yang terus menggunakan suatu kategori layanan, namun berganti ke penyedia jasa lainnya. Pelanggan lebih cenderung berganti produk dan jasa di lingkungan yang sangat kompetitif, dengan lebih banyak pilihan seorang pelanggan sangat mungkin untuk berganti produk atau jasa. Bank sebagai penyedia produk dan jasa harus mampu memelihara hubungan baik dengan nasabah untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya perilaku berpindah. Salah satu tugas pokok bank yaitu pembiayaan, pembiayaan menimbulkan gairah usaha masyarakat. Oleh karena itu, pengusaha akan selalu berhubungan dengan bank untuk memperoleh bantuan permodalan guna peningkatan usahanya. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh masalah etika, ketidaknyamanan pelanggan, dan kegagalan layanan inti terhadap perpindahan pelanggan bank konvensional ke bank syariah dengan kebutuhan mencari variasi sebagai variabel moderasi. Penelitin ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 92 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 22.0.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masalah etika, ketidaknyamanan pelanggan, dan kegagalan layanan inti berpengaruh terhadap perpindahan pelanggan bank konvensional ke bank syariah. Variabel yang paling berpengaruh yaitu ketidaknyamanan pelanggan, kemudian kegagalan layanan inti menempati urutan kedua dan masalah etika menempati urutan ketiga. Kemudian kebutuhan mencari variasi dapat memoderasi pengaruh masalah etika, ketidaknyamanan pelanggan dan kegagalan layanan inti terhadap perpindahan pelanggan bank konvensional ke bank syariah.
Kata kunci: Masalah Etika, Ketidaknyamanan Pelanggan, Kegagalan Layanan Inti, Kebutuhan Mencari Variasi, Perpindahan Pelanggan.
24SK2442104.00 | SK PBS 24.104 SIT p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain