SKRIPSI EKOS
Pengaruh Religiusitas, Sertifikasi Halal, FOMO, dan E-WOM Terhadap Minat Beli Pada Minuman Kekinian MIXUE (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN K.H.Abdurrahman Wahid Pekalongan)
Generasi Z atau yang biasa disebut Gen Z merupakan generasi yang memiliki ciri menyukai hal hal yang bersifat kekinian dan mengikuti trend yang tidak terlepas dari kehidupan mereka. Bentuk kekinian dan mengikuti trend saat ini dalam mengkonsumsi produk atau merek makanan dan minuman asing. Ketertarikan ini menjadi pemicu dalam hal minat beli yang menjadikan produk atau merek makanan dan minuman asing digemari, yang disini akan kita bahas salah satunya yaitu Mixue. Ketertarikan Gen Z terhadap Mixue tentunya di pengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah religiusitas, sertifikasi halal, fomo dan e-wom berpengaruh terhadap minat beli produk Mixue. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner). Sampel pada penelitian ini ialah mahasiswa FEBI UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan sebanyak 100 responden, jumlah responden diperoleh berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dengan metode puaccidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan perhitungan koefisien determinasi (R²), diperoleh nilai 53,8%, lalu berdasarkan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa :1).Religiusitas tidak berpengaruh terhadap minat beli karena nilai thitung sebesar 1,976< ttabel 1,985, denagn nilai signifikasi 0,051 > 0,05. 2).Sertifikasi Halal tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli, dengan nilai thitung sebesar -0,214 < ttabel 1,985, denagn nilai signifikasi 0,831 > 0,05. 3). Fomo berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai thitung sebesar 3,542 > ttabel 1,985, dengan nilai Signifikansi hitungnya yaitu 0,001 < 0,05, dan terakhir. 4).E-Wom berpengaruh signifikan terhadap minat beli dengan nilai thitung sebesar 4,989 > ttabel 1,985 dengan nilai Signifikansi hitungnya yaitu 0,000 < 0,05. Variabel x berpengaruh secara simultan terhadap varriabel y dengan nilai pengaruh total pengaruh total sebesar 29,85%.
Kata Kunci : Religiusitas, Sertifikasi Halal, Fomo, E-Wom, Minat Beli
24SK2441160.00 | SK EKOS 24.160 NUG p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain