SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi, Online Customer Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Marketplace (Studi Kasus Pada Masyarakat Muslim Pengguna Shopee di Kecamatan Bandar)
Banyaknya pengguna internet pada saat ini tidak hanya digunakan untuk sarana komunikasi saja melainkan juga untuk pemenuhan kebutuhan yaitu dengan berbelanja secara online melalui marketplace. Menurut data yang dirilis oleh databoks, pada 3 tahun terakhir (2021-2023) pengunjung marketplace Shopee selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya. Saat ini masyarakat muslim di Kecamatan Bandar sudah banyak yang lebih memilih berbelanja secara online terutama pada produk fashion atau pakaian karena pilihan produknya lebih lengkap dan lebih terjangkau jika
dibandingkan dengan membeli di toko offline. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh promosi, online customer rating dan online customer review terhadap keputusan pembelian online pada masyarakat muslim di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang yang pernah berbelanja produk fashion melalui marketplace Shopee. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Research)
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu accidental sampling dengan menggunakan rumus Lemeshow. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner dan metode analisis data menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel promosi, online customer rating dan online customer review secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Ketiga variabel bebas (X) ini secara simultan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian online pada produk fashion oleh masyarakat muslim pengguna Shopee di Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Hasil uji koefisien determinasi menunjukan nilai koefisien determinasi (Adjusted R square) sebesar 0,807 yang artinya tiga variabel independen dalam penelitian ini memberikan pengaruh sebesar 80,7% terhadap keputusan pembelian sedangkan sisanya 19,3% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Promosi, Online Customer Rating, Online Customer Review, Keputusan Pembelian.
24SK2441145.00 | SK EKOS 24.145 MUL p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain