SKRIPSI KPI
Dakwah Virtual Di Channel Youtube NU Online (Studi Analisis Tayangan Suara Muslimah)
Saat ini dakwah tidak hanya dilakukan secara langsung atau tatap muka, seiring perkembangan zaman dakwah mulai dilakukan secara virtual atau secara tidak langsung melalui berbagai media sosial. Namun, Seringkali pengguna media sosial mengambil atau menyimpulkan materi pada konten dakwah secara tidak utuh, sehingga pemahaman terhadap materi dakwah sering tidak selaras. Hal ini yang menjadi perhatian peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul dakwah virtual di channel YouTube NU online (studi analisis tayangan suara muslimah). Peneliti melakukan penelitian pada tayangan suara muslimah di channel YouTube NU online. Adapun rumusan masalahnya, yakni: (1) Bagaimana nilainilai dakwah yang terdapat pada tayangan Suara Muslimah di Channel YouTube NU online? (2) Bagaimana motif masyarakat mengakses tayangan suara muslimah di Channel YouTube NU online? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk menganalisis nilai-nilai dakwah yang terdapat pada tayangan suara muslimah dan (2) untuk mengetahui motif masyarakat sebagai pengguna media sosial dalam mengakses tayangan suara muslimah. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan pendekatan teori uses and gratification yang dikemukakan oleh McQuail, serta menggunakan teknik analisi isi (content analysis) untuk menganalisis konten suara muslimah. Dalam proses mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara tidak langsung, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer berupa unggahan video pada tayangan suara muslimah dan hasil wawancara, serta sumber data sekunder berupa berbagai informasi mengenai tayangan tersebut. Adapun hasil penelitian ini yaitu (1) Unggahan pada tayangan suara muslimah yang mengandung pesan nilai akhlak terdapat 13 video, sedangkan unggahan yang mengandung nilai syariah terdapat 33 video, dan 29 video yang diunggah mengandung nilai akhlak. (2) motif masyarakat mengakses tayangan suara muslimah didominasi oleh motif untuk memperoleh informasi dengan nilai 67,5% dari 40 responden
24SK2434073.00 | SK KPI 24.073 MAU d | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain