SKRIPSI KPI
Pola Komunikasi Dakwah Ustadz Fahruddin Faiz Di Akun Youtube MJS Channel
Pola Komunikasi merupakan alur dari sebuah komunikasi yang dapat terjadi ketika komunikator menyampaikan pesan kepada komunikan baik secara verbal maupun non verbal. Salah satu bentuk pola komunikasi yakni dakwah Ustadz Fahruddin Faiz dalam akun youtube MJS channel penulis memperoleh data tentang bagaimana pola dakwah beliau. Dimulai ketika beliau menyiapkan materi kajian Ngaji Filsafat, beliau lanjut dengan pengimplementasian kajian tersebut kedakwah islami dikarenakan tidak semua tema yang beliau ambil berbau islami. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pola komunikasi dakwah Ustadz Fahruddin Faiz dalam akun youtube MJS Channel. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi melalui akun youtube MJS Channel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis teori persuasif yang mana penulis akan mengidentifikasi konten Ustadz Fahruddin Faiz berdasarkan empat aspek yakni akidah, akhlaq, syariah, dan filsafat. Kemudian hasil data-data tersebut dituangkan menggunakan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan analisis AIDDA. Kesimpulan penelitian ini yaitu bahwa Ustadz Fahruddin Faiz dalam berdakwah di Youtube MJS Channel menggunakan pola komunikasi sekunder dan menerapkan lima prinsip dasar teori persuasif menurut Joseph A. Ilardo, yang meliputi komunikasi, proses, perubahan, secara sadar atau tidak sadar, dan menggunakan kalimat verbal maupun non verbal. Ustadz Fahruddin Faiz juga menerapkan empat aspek penting dalam sebuah konten dakwah pada videonya di Youtube MJS Channel, yaitu aspek akidah (keyakinan), aspek akhlak (perilaku), aspek syariah (hukum), dan aspek filsafat (hikmah).
24SK2434061.00 | SK KPI 24.061 MUH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain