SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Al-Barqy Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Di Madrasah Diniyah Takmilaj Awwaliyah (MDTA) Al-Ghoniyah Desa Kalialang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes
Pembelajaran Al-Qur’an merupakan Pembelajaran yang perlu dan penting diberikan dan ditumbuhkembangkan pertama kali kepada anak, namun sayangnya Menurut Nur Muslimahtun Nisak dalam Penelitiannya yang ditulis dalam sebuah jurnal yang berjudul Implementasi Kurikulum Pembelajaran Al-Qur’an di Sekolah tingkat buta aksara Qur’an umat Islam masih tinggi Dasar, anak-anak lebih tertarik bermain gadget dari pada membaca Al-Qur’an, hal tersebut terjadi salah satu penyebabnya adalah kurangnya metode dalam pembelajaran Al-Qur’an yang efektif, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru dalam memberikan materi pembelajaran Al-Qur’an, salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan dengan mengimplementasikan metode Al-Barqy dalam Pembelajaran AlQur’an, di MDTA Al-Ghoniyah metode ini diterapkan untuk jenjang kelas awal yaitu kelas TPQ A dan B, metode Al-Barqy merupakan metode anti lupa karena dilengkapi kata kunci yang dapat diingat oleh Peserta didik sehingga jika peserta didik lupa mereka akan mengingat sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi terkait Implementasi metode Al-Barqy dalam Pembelajaran Al-Qur’an di MDTA Al-Ghoniyah Desa Kalialang Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research) berupa pengamatan terkait fenomena yang ada, Teknik pengumpulan data yang Peneliti lakukan yaitu melalui observasi dengan melakukan pengamatan terkait pembelajaran dan terkait kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah tersebut, wawancara yaitu dengan melakukan wawancara untuk mendapatkan informasi dengan melakukan wawancara kepada Guru maupun Peserta didik terkait metode Al-Barqy yang telah diterapkan di MDTA Al-Ghoniyah Brebes dan dokumentasi dengan mengambil gambar selama kegiatan penelitian berlangsung baik saat observasi maupun saat wawancara. Dari hasil penelitian ini diketahui Implementasi metode AlBarqy di MDTA Al-Ghoniyah Brebes dilihat dari beberapa aspek yaitu Perencanaan dengan merencanakan tujuan Pembelajaran, metode pengajaran, alokasi waktu target hafalan, soal-soal evaluasi dan kriteria penilaian, adapun dalam pelaksanaan metode Al-Barqy dilakukan dengan beberapa tahap yaitu dengan menulis, membaca, menghafalkan dan pengerjaan soal-soal evaluasi, proses evaluasi dilakukan selama proses Pelaksanaan metode Al-Barqy berlangsung.
24SK2421368.00 | SK PAI 24.368 ANN i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain