SKRIPSI PAI
Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Melalui Ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa Siswa SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang
Pendidikan di Indonesia telah menerapkan pendidikan yang penguatannya pada nilai-nilai karakter, karena seiring perkembangan zaman nilai karakter siswa sudah mulai berkurang. Oleh karena itu, pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan pada siswa. SMK Nusantara 1 yang bertepatan di kecamatan Comal terdapat kegiatan ekstrakurikuler Pagar Nusa yang rutin dilaksanakan tiap hari minggu. Kegiatan ekstrakurikuler pencak silat mengajarkan olah fisik dan beladiri, dalam pencak silat juga ditanamkan pula nilai-nilai pendidikan karakter serta membentuk sikap kedisiplinan peserta didik. Berdasarkan latar belakang yang sudah dijelaskan peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai peran pencak silat pagar nusa dalam penanaman nilai pendidikan karakter displin. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana proses penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dalam ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa siswa SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dalam ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa siswa SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang?. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dalam ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa siswa SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dalam ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa siswa SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dimana peneliti langsung turun ke lokasi penelitian dan mengamati secara langsung melihat proses penanaman nilai pendidikan karakter disiplin dalam ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa siswa SMK Nusantara 1 Comal Kabupaten Pemalang dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi Pelatih dan siswa ekstrakurikuler. Sumber data sekunder meliputi dokumen yang berkaitan ekstrakurikuler Pencak Silat Pagar Nusa. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pencak silat tidak hanya mengajarkan beladiri saja namun juga menanamkan karakter disiplin berupa disiplin waktu dan disiplin perbuatan. Dalam menanamkan disiplin waktu menggunakan keteladanan dan pemberian hukuman. Sedangkan disiplin perbuatan ditanamkan dengan menggunakan pemberian dan penerapan aturan dan tata tertib serta memberi arahan dan nasehat. Proses ini di dukung dengan lingkungan yang tepat yaitu disekolah. Namun demikian tetap ada faktor yang menghambat proses yaitu kurangnya waktu dan kondisi sosial siswa.
24SK2421363.00 | SK PAI 24.363 MUH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain