SKRIPSI PAI
Pengaruh Pesepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Tutor Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Akidah Akhlak Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal
Motivasi merupakan salah satu faktor yang ikut menentukan keberhasilan siswa di dalam belajar. Motivasi setiap siswa berpengaruh terhadap aktivitas belajarnya. Beberapa faktor yang memengaruhi motivasi belajar di antaranya gaya mengajar guru dan tutor sebaya. Gaya mengajar guru dan tutor sebaya yang ada merupakan faktor ekstrinsik yang dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang gaya mengajar guru dan tutor sebaya terhadap motivasi belajar akidah akhlak kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto, pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu berjumlah 480 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%, diperoleh sampel sebanyak 71 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya mengajar guru terhadap motivasi belajar akidah akhlak ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 6,609> 1,975 dan korelasi keduanya sebesar 0,585 atau kategori sedang. Besar sumbangan gaya mengajar sebesar 34,2%; (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara tutor sebaya terhadap motivasi belajar akidah akhlak ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 12,182 > 1,988 dan korelasi keduanya dalam sebesar 0,799 atau kategori sedang. Besar sumbangan tutor sebaya sebesar 63,9%; (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya mengajar guru dan tutor sebaya terhadap motivasi belajar akidah akhlak ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel yaitu 75,485 > 3,10 dan korelasi ganda sebesar 0,803 atau kategori sedang. Besar sumbangan gaya mengajar guru dan tutor sebaya sebesar 64,5%
24SK2421361.00 | SK PAI 24.361 ASR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain