SKRIPSI PAI
Optimalisasi Peran Guru Agama Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Di SMP Belik Kabupaten Pemalang
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sangat pentingnya peran guru agama Islam terutama dalam keagamaan. Religiusitas siswa tidak dapat terlepaskan dari peran guru agama Islam. Dalam mengajarkan nilai religius pada siswa, maka penting bagi pendidik untuk memperhatikan cara pengajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Karena saat ini sekolah dinilai gagal dalam meningkatkan religiusitas siswanya, terbukti dengan banyaknya kasus penyimpangan moral yang terjadi saat ini yang pelakunya adalah seorang pelajar. Kenyataan itupun terjadi di SMP Negeri 2 Belik dimana siswa masih belum maksimal dalam keagamaannya, dengan begitu guru agama Islam di SMP Negeri 2 Belik berusaha untuk mengoptimalkan perannya dalam upaya meningkatkan religiusitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui peran guru agama Islam dalam mengoptimalkan religiusitas siswa di SMP Negeri 2 Belik kabupaten Pemalang. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat optimalisasi peran guru agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMP Negeri 2 Belik kabupaten Pemalang. Untuk mengetahui solusi yang dilakukan oleh guru agama Islam dalam mengatasi hambatan-hambatan berkaitan dengan optimalisasi peran guru agama dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMP Negeri 2 Belik kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Dalam penelitian ini yang menjadi subyek penelitian adalah guru agama Islam, kepala sekolah, guru pengajar lain dan siswa SMP Negeri 2 Belik. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa peran guru agama Islam di SMP Negeri 2 Belik diwujudkan dengan berperan sebagai motivator, suri tauladan, pengarah/director, pembimbing, fasilitator dan Pendidik. Dalam melaksanakan perannya guru agama Islam mendapat dukungan dengan adanya fasilitas yang memadai dan tersedianya program keagamaan bagi siswa. Akan tetapi guru agama Islam juga mengalami hambatan yang membuat wujud perannya tidak berjalan optimal dikarenakan keluarga yang kurang mendukung, kurangnya kesadaran siswa, dan semakin canggihnya teknologi. Maka agar perwujudan perannya sebagai guru agama Islam dalam meningkatkan religiusitas dapat optimal, diberikan solusi untuk mengatasinya yaitu melalui komunikasi dengan orang tua, pendekatan perhatian dan nasehat, penekanan manfaat teknologi.
24SK2421358.00 | SK PAI 24.358 NEL o | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain