SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 02 Brebes
Misi utama Rasulullah SAW diutus ke alam dunia ini adalah untuk menyempurnakan akhlak yang mulia. Pentingnya akhlak yang baik tetap menjadi nilai yang signifikan dalam Islam. Penelitian ini dilakukan sebagai respons terhadap krisis moral di masyarakat Indonesia yang disebabkan oleh kurangnya penerapan pendidikan moral dan akhlak pada peserta didik. Dalam konteks pendidikan Islam, karakter peserta didik sering disebut sebagai pendidikan akhlak. Oleh karena itu, pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk akhlak peserta didik berdasarkan ajaran yang dibawa oleh Rasulullah SAW. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter peserta didik di MTsN 02 Brebes? 2) Bagaimana kendala dan solusi yang dihadapi berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan profetik di MTsN 02 Brebes?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa : implementasi pendidikan profetik di MTsN 02 Brebes melalui tiga tahapan yaitu 1) perencanaan, MTsN 02 Brebes melibatkan 2 kegiatan yaitu intrakurikuler yaitu dalam proses pembelajaram, guru menyiapkan RPP dan Silabus yang didalamnya terdapat pendidikan profetik dan kokurikuler yaitu pembentukan sie peribadatan untuk membuat kegiatan terkait pendidikan profetik. 2) pelaksanaan, MTsN 02 Brebes menerapkan nilai-nilai pendidikan profetik seperti nilai Humanisme, Liberasi dan Transendensi. 3) evaluasi, dari pelaksanaan pendidikan profetik di MTsN 02 Brebes sudah terlaksana dengan baik, namun masih terdapatnya faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan implementasi pendidikan profetik dalam membentuk karakter peserta didik. Kendala yang dihadapi berkenaan dengan pelenggaraan pendidikan profetik di MTsN 02 Brebes yakni pembentukan karakter peserta didik dipengaruhi oleh internal yakni dari dalam diri peserta didik dan faktor eksternal yakni faktor guru dan orangtua/lingkungan. Dengan begitu sousi yang diambil MTsN 02 Brebes dalam menghadapi kendala tersebut adalah pemberian pandangan kepada guru terkait etika pendidikan, mempererat kerja sama antara guru dan orangtua, dan memberikan pendekatan bertahap dalam memberikan sanksi kepada peserta didik
24SK2421357.00 | SK PAI 24.357 DIN i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain