SKRIPSI PAI
Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menyusun Modul Ajar Berbasis Tpack Di SMP N Paninggaran Kabupaten Pekalongan
Pada abad 21 teknologi memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, termasuk aspek pendidikan. Pada pembelajaran abad 21, Guru dituntut untuk memadukan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Kompetensi TPACK adalah kemampuan terkait 3 komponen yaitu teknologi, pedagogik, dan materi. Ketiga aspek pengetahuan tersebut dikolaborasikan dalam suatu sistem yang ketiganya saling mempengaruhi tanpa ada aspek yang saling mendominasi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan Guru PAI dalam menyusun dan mengimplementasikan modul ajar berbasis TPACK di SMP N 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan?; (2) Bagaimana kelebihan dan kelemahan pembelajaran berbasis TPACK di SMP N 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menyusun dan mengimplementasikan modul ajar berbasis TPACK di SMP N 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan; (2) Untuk mendeskripsikan apa saja kelebihan dan kelemahan pembelajaran berbasis TPACK di SMP N 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti langsung turun ke lapangan untuk mengamati fenomena yang terjadi. Peneliti mengamati kemampuan Guru PAI dalam pembelajaran berbasis TPACK di SMP N 1 Paninggaran Kabupaten Pekalongan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi Guru PAI dalam menyusun dan mengimplementasikan pembelajaran TPACK sudah cukup baik akan tetapi belum maksimal. Dikatakan baik dalam aspek CK, PK, dan PCK, namun dalam aspek TK, TPK, dan TCK masih belum diterapkan secara maksimal. (2) kelebihan pembelajaran TPACK yaitu meningkatkan motivasi belajar pendidik dan peserta didik, dan terciptanya suasana belajar mengajar yang menarik dan fleksibel. Adapun kelemahan pembelajaran TPACK adalah tidak tersediannya sarana dan prasarana yang memadai, dan dalam penggunaan teknologi Guru harus memastikan bahwa materi yang diajar mampu dipahami, tidak hanya berfokus pada penggunaanya saja.
24SK2421354.00 | SK PAI 24.354 MAI k | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain