SKRIPSI PAI
Pengaruh Kemampuan Interaksi Guru Terhadap Hasil Belajar Ujian Akhir Semester Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMP N 1 Ketanggung Kabupaten Brebes
Pada saat pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, sering siswa tidak tertarik dengan apa yang disampaikan gurunya sehingga semangatnya dalam belajar turun yang ditandai dengan siswa berbicara dengan teman sebangkunya, tidak memperhatikan guru yang sedang menyampaikan pembelajaran karena terkesan monoton. Padahal banyak guru yang mengetahui bahwa konsentrasi siswa biasanya pada 30 menit pertama, jika penyampaian materi tidak menarik terlebih tidak adanya interaksi guru dengan siswa maka hal tersebut yang akan terjadi dalam pembelajaran. Supaya pembelajaran Pendidikan Agama Islam menjadi lebih menarik, semangat belajarnya tinggi lagi yaitu dengan memperhatikan cara interaksi guru dengan siswanya sehingga pengalaman dan hasil belajar siswa akan baik. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana kemampuan interaksi guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes? 2. Bagaimana hasil belajar ujian akhir semester siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes? 3. Apakah terdapat pengaruh kemampuan interaksi guru terhadap hasil belajar ujian akhir semester siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan interaksi guru pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes, mengetahui hasil belajar ujian akhir semester siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes, dan menganalisis adakah pengaruh kemampuan interaksi guru terhadap hasil belajar ujian akhir semester siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampelnya ditentukan dengan menggunakan purposive sampling dan perhitungannya dengan rumus slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 185 siswa kelas VIII. Data penelitian ini diperoleh menggunakan instrumen angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kemampuan interaksi guru PAI dan Budi Pekerti tergolong cukup baik yang dibuktikan dengan pengisian angket oleh siswa kelas VIII memperoleh presentase secara keseluruhan sebesar 74%. Hasil belajar siswa kelas VIII tergolong cukup baik dengan presentase keseluruhan nilai yang diperoleh sebesar 78%. Tidak terdapat pengaruh kemampuan interaksi guru terhadap hasil belajar ujian akhir semester siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes. Namun terdapat hubungan antara variabel kemampuan interaksi guru dengan hasil belajar ujian akhir semester siswa kelas VIII pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMP N 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes yang tidak signifikan, cukup dan searah.
24SK2421349.00 | SK PAI 24.349 MZI p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain