SKRIPSI PAI
Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasan Selawat Nariyah Di Madrasah Aliyah Salafiyah Simbang Kulon Buaran Pekalongan
Pendidikan karakter memiliki peran yang sangat penting bagi suatu bangsa. Pendidikan karakter, dapat terbentuk dan terbina melalui pembiasaan, termasuk melalui pembiasaan kegiatan keagamaan seperti pembacaan selawat nariyah. Di era disrupsi, karakter religius sangat diperlukan guna menyeimbangi berbagai tantangan yang ada, khususnya terkait dengan pendidikan karakter religius. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian sebagai berikut: 1.) Bagaimana proses pembiasaan Selawat Nariyah di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan?, 2.) Bagaimana perubahan sikap religiusitas siswa setelah pembiasaan Selawat Nariyah?, 3.) Adakah faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter religius siswa melalui pembiasaan Selawat Nariyah di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan? Tujuan penelitian ini untuk: 1.) Menganalisis proses pembiasaan selawat nariyah di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan, 2.) Menganalisis perubahan sikap religusitas siswa setelah pembiasaan selawat nariyah di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan, 3.) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter religius siswa melalui pembiasaan selawat nariyah di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan. Metode yang digunakan dalan penelitian ini pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan lokasi penelitian di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan. Sumber data sekunder diambil dari pengasuh, pengurus dan santri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data mengacu kepada teori penelitian kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1.) Proses pembiasaan selawat nariyah di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan meliputi: a.) Proses pemberian ijazah, b.) Proses pembiasaan, c.) Proses rutin. 2.) Perubahan sikap religiusitas siswa setelah pembiasaan shalawat nariyah mengacu pada 5 aspek sebagai berikut: a.) Taat kepada Allah, b.) Syukur, c.) Ikhlas, d.) Sabar, e.) Tawakal. 3.) Faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter religius siswa melalui pembiasaan Selawat Nariyah di MA Salafiyah Simbangkulon Buaran Pekalongan terdiri dari faktor internal dan eksternal berikut: a. Faktor pendukung internal: Adanya semangat dari dalam diri siswa. Pendukung eksternal: Fasilitas sarana prasarana, Keterlibatan kyai dalam pemberian ijazah, Bimbingan intensif kyai dan guru. b. Faktor penghambat internal: Kondisi ekonomi. Penghambat eksternal: Kondisi cuaca, Jarak tempuh lokasi, Transportasi.
24SK2421339.00 | SK PAI 24.339 KHA p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain