SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Musical Intelligence Dan Logical Mathematical Intelligence Terhadap Kemampuan Creativite Thinking Matematika Siswa Kelas Kelas X SMA N 1 Wonotunggal
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan creative thinking matematika yang dipengaruhi oleh musical intelligence dan logical mathematical intelligence siswa kelas X SMA N 1 Wonotunggal. Creative thinking merupakan kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan dengan proses yang berbeda (fleksibel) tetapi tetap menghasilkan hasil yang sama. Creative thinking bisa dipengaruhi oleh keseimbangan kerja otak kanan dan otak kiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini ada 3 diantaranya yaitu 1)Bagaimana pengaruh musical intelligence terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa kelas X SMA N 1 Wonotunggal; 2)Bagaimana pengaruh logical mathematical intelligence terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa kelas X SMA N 1 Wonotunggal; 3)Bagaimana pengaruh musical intelligence dan logical mathematical intelligence secara bersama terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa kelas X SMA N 1 Wonotunggal. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Wonotunggal. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas X-1 dengan jumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji statistik berupa uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1)Terdapat pengaruh musical intelligence (X1) terhadap kemampuan creative thinking matematika (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0,026 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh musical intelligence terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa; 2)Nilai signifikansi untuk pengaruh logical mathematical intelligence (X2) terhadap kemampuan creative thinking matematika(Y) adalah sebesar 0,197 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H2 ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh logical mathematical intelligence terhadap kemampuan creative thinking matematika; 3)Pada uji F untuk menguji H3, diperoleh nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara bersama terhadap Y adalah sebesar 0,001 < 0,05 dan nilai Fhitung (8,181) > Ftabel (3,295) sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 dan X2 secara bersama terhadap Y. Koefisien diterminasi yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 0,576. Hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel X1 dan X2 secara bersama terhadap variabel Y adalah sebesar 57,6 %. Faktor musical intelligence dan logical mathematical itelligence memberikan kontribusi terhadap kemampuan creative thinking matematika siswa sebesar 57,6 %. Sedangkan 42,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
24SK2426035.00 | SK TM 24.035 FIN P | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain