SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Kartu Benar Salah Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 01 Sumorjomblangbogo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan
Kurangnya motivasi belajar siswa SD Negeri 01 Sumurjomblangbogo mengakibatkan siswa kehilangan semangat dalam mengikuti pembelajaran dan berdampak pada hasil belajar matematika siswa yang tidak memenuhi KKM. Salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya motivasi belajar siswa karena model pembelajaran yang kurang inovatif sehingga siswa tidak banyak terlibat dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran Team Game Tournament merupakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan konsep tim kerja dan turnamen dalam bentuk permainan akademik, di mana siswa berkompetisi dengan anggota tim lain untuk mendapatkan poin bagi tim. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa efektif pembelajaran Team Games Tournament berbantuan media kartu benar salah dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa Kelas V SD Negeri 01 Sumurjomblangbogo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampel jenuh yakni seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa dijadikan sempel. Pengumpulan data menggunakan lembar angket dan tes. Analisis data yang digunakan yakni uji manova dengan bantuan aplikasi SPSS statistic. Hasil uji manova menunjukan pengaruh antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa memiliki tingkat signifikansi 0,000 dimana nilai sig. 0,000 < . 0,05, sedangkan pengaruh antara model pembelajaran dengan hasil belajar siswa memiliki tingkat signifikansi 0,000 dimana nilai sig. 0,000 < . 0,05. Ratarata nilai pretest motivasi belajar siswa adalah 72,25 dan rata-rata nilai posttest-nya adalah 83,06, sedangkan rata-rata nilai pretest hasil belajar siswa adalah 44,75 dan rata-rata nilai posttest-nya 71,25. Hal ini berarti terdapat peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa setelah perlakuan. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa: 1) Penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament berbantuan media kartu benar salah efektif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa; 2) Penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament berbantuan media kartu benar salah efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
24SK2426033.00 | SK TM 24.033 ABD e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain