SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Eksplorasi Etnomatematika Pada Seni Karawitan Jawa Tengah
Pelajaran matematika sering kali dianggap rumit oleh siswa di sekolah karena sifatnya yang abstrak. Sebagian besar siswa merasa bahwa matematika sulit dipahami dan cenderung membosankan. Karena kesulitan tersebut, banyak siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan mengalami kesulitan dalam proses pembelajarannya. Akibatnya, hasil belajar matematika siswa cenderung rendah. Etnomatematika dianggap sebagai suatu perspektif yang membantu dalam mengamati dan memahami matematika sebagai bagian integral dari keberagaman budaya, yang mencakup konsep, bahasa, tradisi, dan konteks sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengekplor konsep matematika pada seni karawitan dan materi apa saja yang dapat diimplementasikan melalui seni karawitan. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan etnografi, yang bertujuan untuk menggambarkan ciri-ciri seni karawitan yang dimiliki oleh individu atau sekelompok orang yang menjadi bagian dari suatu kelompok masyarakat kultural. Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa gambar atau deskripsi dari hasil perolehan data. Hasil penelitian ini adalah pada alat musik seni karawitan bonang, demung, gambang, gender, kendang dan seruling yang memiliki konsep bangun datar dab bangun ruang pada matematika. Dari hasil penelitian tersebut dapat digunakan untuk sumber belajar matematika melalui konsep yang terdapat pada alat musik seni karawitan, diharapkan belajar matematika lebih inovatif dan` kontekstual.
24SK2426030.00 | SK TM 24.030 MUH e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain