SKRIPSI PAI
Penggunaan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IX Di SMP N 1 Dukuhturi
Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar secara umum adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah merupakan faktor yang berasal dari diri individu yang bersangkutan, antara lain jasmani (fisik) dan rohani (psikis). Sedang faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar individu yang bersangkutanSedangkan secara khusus faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah: Siswa kurang motivasi dalam belajar, media pembelajaran yang kurang lengkap, penggunaan media pembelajaran yang tidak tepat, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru, kepedulian orang tua terhadap anak di rumah kurang, kurangnya melaksanakan percobaan dan demonstrasi, sarana dan prasarana yang kurang mendukung serta metode pembelajaran yang kurang tepat. Dari permasalahan yang ada penggunaan metode pembelajaran merupakan prioritas yang utama yang harus diperbaiki. Karena penerapan metode yang tepat akan berdampak pada hasil belajar pada siswa. Dalam hal ini metode yang diterapkan adalah metode diskusi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas IX SMP N 1 Dukuhturi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang bertemakan Kehadiran Islam Mendamaikan Bumi Nusantara melalui metode diskusi siswa kelas IX SMP Negeri 1 Dukuhturi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang bertemakan Kehadiran Islam Mendamaikan Bumi Nusantara melalui metode diskusi pada siswa kelas IX SMP N 1 Dukuhturi. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan serta berdasarkan seluruh pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa melalui metode diskusi dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas IX SMP N 1 Dukuhturi. Hasil Observasi yang telah dilakukan selama siklus 1 dapat dilihat bahwa melalui metode diskusi belum mendapatkan hasil yang optimal dilihat dari data menunjukkan bahwa hanya 19 dari 32 siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM (tuntas). Setelah dilakukan tindakan siklus 2 melalui metode diskusi menunjukkan bahwa siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM (tuntas) sejumlah 28 dari 32 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar PAI siswa kelas XI SMP N 1 Dukuhturi dengan menggunakan metode diskusi meningkat.
24SK2421330.00 | SK PAI 24.330 MUH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain