SKRIPSI PAI
Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Anak Di Lingkungan Keluarga Buruh Tani Bawang Merah Di Desa Tengki Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes
Berdasarkan latar belakang masalah di atas bahwa banyaknya fenomena kenakalan remaja dan anak-anak yang memberikan pengaruh negatif khususnya pada anak-anak sekolah dasar. Kenakalan remaja yang berupa melakukan kebohongan, tawuran, rendahnya rasa hormat kepada orang tua dan guru, tutur kata yang tidak sopan dalam berkomunikasi bahkan sering mengeluarkan kata-kata kasar dan kotor. Hal ini pendidikan agama paling utama diterapkan di dalam keluarga untuk membentuk anak agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan pendidikan agama Islam pada anak di lingkungan keluarga buruh tani bawang merah di desa Tengki Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan pendidikan agama Islam pada anak di lingkungan keluarga buruh tani di desa Tengki Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes?. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: penerapan pendidikan agama Islam pada anak di desa Tengki yang diterapkan oleh orang tua ialah: pembinaan iman dan tauhid, pembinaan akhlak, pembinaan ibadah dan agama pada umumnya, dan pembinaan kepribadian dan sosial anak. Faktor pendukung dalam penerapan pendidikan agama Islam pada anak di desa Tengki adalah adanya Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dan madrasah-madrasah yang ada di sekitar rumah, adanya dukungan dan motivasi dari orang tua anak serta adanya keinginan orang tua agar anaknya menjadi anak yang sholeh dan sholeha dan adanya masjid serta musola tempat beribadah dan tempat menimba ilmu pendidikan Islam di lingkungan sekitar. Faktor yang menjadi penghambat penerapan pendidikan agama Islam ialah 1) Faktor keluarga 2) Faktor lingkungan dan pergaulan 3) faktor media elektronik.
24SK2421325.00 | SK PAI 24.325 NAD p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain