SKRIPSI PAI
Implementasi Kajian Kitab Alala Dalam Membentuk Akhlah Santri Studi Kasus Santri Studi Kasus Santri Putri Pondok Pesantren Al-Qutub Wonoprinngo Pekalongan
Pondok pesantren memiliki banyak fungsi dan tujuan diantaranya sebagai transfer ilmu pengetahuan agama, sebagai lembaga yang melakukan kontrol sosial terhadap anak didiknya, serta sebagai proses perubahan dan perkembangan masyarakat, dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat maka timbul terkikisnya moral pada anak-anak terutama pada kalangan pelajar yang daya minat pondok pesantren sedikit menurun. Kitab Alala merupakan kitab akhlak dasar digunakan dalam Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan yang mana seorang santri itu sangat berkaitan dengan akhlak lebih khusus lagi akhlak dalam menuntut ilmu. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Implementasi Kajian Kitab Alala di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan? 2) Bagaimana Implementasi Kajian Kitab Alala dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan? 3) Bagaimana Faktor Pendukung dan Penghambat Kajian Kitab Alala di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan? Dan penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan implementasi kajian kitab alala di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan. 2) Untuk Mendeskripsikan Implementasi Kajian Kitab Alala dalam Membentuk Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kajian kitab alala di Pondok Pesantren Al-Qutub Wonopringgo Pekalongan. Jenis penelitian ini yaitu field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian menggunakan penelitian kualitatif yang mana sumber data didapatkan dengan dua sumber yakni primer dan sekunder. Data primer meliputi pengasuh, pengampu kitab Alala, pengurus, dan santri putri. Sedangkan data sekunder berupa skripsi, jurnal, artikel, dan lain-lain. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa impelementasi kitab Alala adanya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang diterapkan di pondok pesantren Al-Qutub Wonopringgo, implementasi kajian kitab Alala dalam membentuk akhlak santri dengan metode keteladanan, pembiasaan, dan memberi nasihat. Faktor pendukung terdiri dari faktor internal seperti persamaan bahasa, semangat dalam melafalkan nadzom, dan motivasi dalam menuntut ilmu, serta faktor eksternal seperti adanya dukungan orang tua, kemampuan guru dalam menyampaikan materi, dan kurikulum yang diberlakukan. Sedangkan faktor penghambat dari internal seperti mengantuk dan karakter bawaan santri, serta faktor eksternal seperti pengaruh teman.
24SK2421323.00 | SK PAI 24.323 FAT i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain